Daftar Ikan Terbesar di Dunia Lengkap Dengan Gambar

ikan terbesar di dunia
v

Suarasolo.com – Ikan Terbesar di Dunia

Halo para pecinta ikanĀ !
Dalam postingan kali ini kami akan mengulas tentang ikan terbesar di dunia. Seperti yang kita tahu, ikan merupakan makhluk vertebrata yang mempunyai jumlah spesies lebih dari 33.100 jenis. Sehingga ikan merupakan hewan yang mempunyai jenis paling banyak di banding hewan lain. Ikan juga merupakan hewan poikilotermik (berdarah dingin)dan bernafas dengan insang.

Ikan dapat ditemukan di berbagai tempat di lingkungan yang terdapat air. Mulai dari gunung yang tinggi bahkan sampai di laut yang paling dalam seperti ikan gulper dan ikan angler. Ikan juga ditemukan di lingkungan yang tergolong ekstrim seperti di air bersuhu minus 2 derajat celcius di Antartika hingga di air yang tegolong panas 40 derajat celcius.

Oke tidak perlu berlama-lama lagi, inilah ikan yang termasuk ikan terbesar di dunia.

1.Great White Shark

ikan great white shark
source : bbc

Ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang 6,5 meter dengan berat 700 kilogram. Great White Shark mendapat posisi nomor keempat dari ikan hiu terbesar di dunia.

2. Beluga Sturgeon (huso huso)

Ikan Beluga Sturgeon
source : wikipedia

Ikan beluga sturgeon memiliki nama ilmiah Charcadon Charcarias. Beluga sturgeon merupakan predator besar yang dikenal memakan ikan-ikan kecil. Ikan beluga sturgeon biasa ditemukan di laut Kaspia dan daerah perairan di Rusia.

Keunikan ikan Beluga sturgeon adalah dapat bermigrasi dari laut ke daerah perairan tawar untuk berkembang biak sehingga termasuk ikan anadromous.

Ikan beluga sturgeon juga mempunyai umur yang panjang, diketahui umur ikan ini dapat mencapai 100 tahun. Rekor ikan beluga sturgeon yang pernah ditemukan adalah beluga sturgeon betina dengan berat 1,5 ton dan panjang lebih dari 7 meter. Telur ikan ini sering diburu karena harganya yang sangat mahal dan termasuk makanan premium.

3. Hiu Greenland (Somniosus microcephalus)

ikan hiu greenland
source : divemagazine

Ikan hiu Greenland merupakan jenis hiu terbesar di keluarga hiu. Berbeda dengan hiu lain, hiu greenland mendiami wilayah utara yang cenderung dingin.

Ikan hiu greenland dapat mencapai panjang 7,2 meter dan berat lebih dari 1400 kg. Ikan hiu Greenland memiliki pandangan yang buruk karena matanya berselaput.

Dari bentuk badan, perawakan hiu ini lebih berbentuk silindris. Ikan hiu Greenland suka sekali memakan salmon, herring, halibut, lumpfish, anjing laut. Terkadang juga ikan hiu ini memangsa bangkai narwhal dan beluga. Jika tidak ada makanan yang ditemukan, ikan hiu greenland bisa bersifat kanibal (memangsa hiu greenland lain).

Hal yang menarik lainnya, ikan hiu greenland pernah ditemukan berumur 512 tahun. Pertumbuhan ikan hiu greenland terbilang sangat lambat, ikan ini mencapai umur dewasa yaitu 156 tahun dengan panjang tubuh 4 meter. Hal ini dimungkinkan dengan proses metabolisme hiu greenland yang lambat karena berada di lingkungan yang dingin.

4. Basking Shark (Cetorhinus maximus)

ikan basking shark
source : alert diver

Meski disebut ikan hiu, makanan basking shark adalah plankton sama seperti whale shark (hiu paus) dan megamouth shark. Ikan ini tersebar di berbagai lautan di seluruh dunia.
Sebagai pemakan plankton, basking shark mempunyai mulut yang lebar untuk memfilter air yang mengandung plankton. Pada umur dewasa, panjang basking shark dapat mencapai 6-8 meter.

5. Ikan oar (giant oarfish)

ikan oarfish
source : NBC San Diego

Giant oarfish merupakan ikan yang memiliki tulang terpanjang dari jenis ikan. Meski sering ditemukan dengan ukuran 3 meter, ikan oar dapat mencapai panjang hingga 11 meter.

Ikan oarfish merupakan penghuni laut dalam dengan kedalaman 1000 meter lebih. Ikan oar jarang sekali dutemukan di permukaan laut kecuali saat sedang sakit atau mati.

ikan Giant Oarfish
source : wikipedia

Terakhir kali giant oarfish ditemukan terdampar di pantai Jepang. Kemunculan ikan ini sering kali dikaitkan dengan tanda datangnya bencana gempa bumi.

BACA JUGA :

Ikan hias molly yang cantik

Cara Budidaya Ikan Hias Molly Marble

6. Hiu paus (Whale Shark)

ikan hiu paus
source ; tribun

Hiu paus atau whale shark memiliki nama latin Rhincodon typus. Hiu paus memiliki ciri khas berwarna abu-abu dengan totol putih di sepanjang tubuhnya.

Meski disebut paus, whale shark sejatinya adalah hiu yang tidak berbahaya dan memiliki sifat tenang. Hiu paus juga merupakan pemakan plankton sehingga memiliki bukaan mulut yang besar.

Spesies hiu ini mendiami lautan dengan iklim tropis. Hiu paus juga sering muncul di perairan di Indonesia sehingga dapat dikatakan ikan terbesar di Indonesia. Dengan benyaknya perburuan, keberadaan hiu paus semakin berkurang di alamnya.

Karena keramahan ikan hiu paus ini, penyelam dapat berenang di sampingnya bahkan dapat menaiki punggungnya. Rekor yang pernah ditemukan, hiu paus dapat mencapai panjang lebih dari 12 meter dengan berat mencapai 21 ton sehingga dinobatkan sebagai ikan hiu terbesar di dunia. Ikan hiu raksasa ini statusnya dilindungi oleh pemerintah.

7. Ikan gergaji (Northern Fish Saw)

ikan saw fish
source : phys

Sejatinya sawfish merupakan keluarga dari ikan pari. Ikan ini mudah dikenali dari “gergaji” panjang yang menjulang dari kepalanya. Gergaji ini berfungsi untuk mendeteksi mangsa dan untuk mengoyak makanan.

Ikan sawfish dapat ditemukan di lautan Afrika dan Ocenia. Ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang tubuh 7 meter.

8. Giant Oceanic Manta Ray

ikan manta ray
source : coral bay tours

Ikan manta sering dikenali tubuhnya yang lebar dengan rentang sirip yang menyerupai sayap lebar. Ikan manta jenis ini memiliki panjang tubuh 5 meter tetapi dapat mencapai ukuran 8 meter. Seperti ikan besar lainnya, ikan manta hidup dengan memangsa ikan-ikan kecil dan plankton.

Ikan manta ray merupakan ikan yang hidup berkoloni dan bergerak secara bergerombol / schooling fish.

Ikan manta ray mendiami lautan tropis dan sub tropis di seluruh dunia. Manta ray merupakan ikan yang tidak berbahaya sehingga banyak penyelam yang berenang mendekatinya. Sering kali ikan manta terlihat meloncat dari air, hal ini bertujuan untuk menghilangkan parasit di tubuhnya.

9. Hiu harimau (tiger shark)

ikan hiu harimau
source ; wunc

Tiger shark atau juga disebut Galeocerdo cuvier umumnya tumbuh mencapai panjang 5 meter dengan berat mencapai 3 ton. Ikan hiu harimau yang pernah ditemukan mencapai panjang 7 meter. Tiger shark biasanya mendiami daerah lautan tropis dan terkenal keganasannya dalam mengoyak mangsanya.

10. Ikan Mola-mola (Ocean Sunfish)

ikan mola-mola
source : akuakultur

Ikan mola-mola atau juga disebut ikan matahari adalah ikan yang memiliki tulang terbesar di dunia ikan. Ikan mola-mola mempunyai bentuk yang unik bentuk panjang dan lebar ikan ini hampir sama dengan dua sirip besar.

Ikan mola-mola dapat dtemukan di lautan tropis. Makanan ikan ini yang paling umum adalah ubur-ubur (jellyfish). Berat ikan mola-mola dewasa dapat mencapai 2,3 ton dan mempunyai panjang maksimal 3 meter. Ikan ini termasuk ikan yang dilindungi oleh IUCN.

Demikian informasi tentang ikan terbesar di dunia yang ada di bumi. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Bagikan info ini agar lebih bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten