Cara Budidaya Ikan Hias Molly Marble

2 min read

ikan molly marble
5/5 (1)

SUARASOLO.COM – Cara Budidaya Ikan Hias Molly Marble
Halo, pecinta ikan dan aquascaper!!
Kali ini kami akan membahas semua informasi tentang Ikan hias molly marble.

Ikan molly marble merupakan ikan yang berasal dari benua Amerika.
Di alamnya ikan ini hidup di sungai-sungai Meksiko dan beberapa negara Amerika Utara.

Ikan kecil dengan nama latin Poecilia sp merupakan ikan yang memiliki tubuh relatif kecil. Ukuran ikan molly sendiri hanya mampu mencapai panjang maksimal 13 cm.

Sehingga ikan molly tidak membutuhkan tempat yang besar dan dapat ditempatkan di tempat kecil seperti toples, ember dan tempat lainnya sebagai alternatif dari kolam dan aquarium.

Ikan molly marble merupakan ikan yang termasuk dalam jenis ikan live breeder. Live breeder merupakan ikan yang berkembang biak dengan cara melahirkan.

Sesuai dengan namanya, sebutan ikan molly marble karena ikan ini berbentuk silver/putih dan bertotol-totol hitam. Karena totol hitam itu ada juga yang menyebut ikan molly marble ini dengan sebutan ikan molly dalmatian.

Ikan molly marble merupakan ikan omnivora, artinya ikan ini dapat memakan apapun yang ada.

Sebagai pakan anda dapat memberi ikan ini pellet ikan ukuran kecil, cacing sutra, atau dengan tumbuhan air seperti algae spirulina.

Cara Budidaya Ikan Molly Marble

Untuk mengembangkan ikan molly marble menjadi banyak sangatlah mudah. Ikan molly marble sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan dan tingkat produksinya pun juga tinggi.

Sebelum memijahkan ikan molly marble, maka hal yang perlu dilakukan sebelumnya adalah pemilihan indukan. Indukan ikan molly marble sangatlah mudah dibedakan baik jantan dan betinanya seperti membedakan jenis ikan molly lain.

ikan molly marble jantan
source ; tropicalfish

Ikan molly jantan dapat dilihat dari badannya yang cendrung pipih dan memanjang. Ciri lain untuk ikan molly jantan adalah sirip bawah perutnya berbentuk panjang hal ini untuk proses reproduksi ikan.
Ikan molly jantan pun memiliki warna yang lebih cerah dibanding ikan molly betina.

ikan molly marble betina
source : goliadfarms

Sedangkan ikan molly marble betina dapat dilihat dari bentuk badannya yang membulat. Tanda lain ikan molly betina juga dapat dilihat dari sirip bawah perutnya yang pendek dan membentuk segitiga.

Untuk persiapan pemijahan, pilihlah tempat yang sesuai sebagai wadah pemijahan ikan molly marble. Anda dapat menggunakan ember, toples besar sebagai alternatifnya. Letakkan induk ikan molly marble dengan jumlah betinanya yang lebih banyak dibanding dengan jantannya.

Apabila keadaan dan kondisi sudah terpenuhi, proses pemijahan/pembuahan ikan molly marble berlangsung selama 2-3 hari.
Ikan molly betina yang sudah melalui proses pemijahan, perutnya akan membesar seperti balon dan cenderung pergerakannya lebih lambat.

Dalam kurun 3-4 minggu ikan molly marble akan melahirkan. Begitu melahirkan, segeralah pisahkan burayak dengan induk ikan molly dengan serokan halus.

Hal ini untuk menghindari induk ikan molly marble memakan anaknya sendiri. Atau dapat juga dengan menyediakan tempat/spot untuk sembunyi burayak ikan molly marble dengan menambahkan tanaman air atau batuan.

Untuk memenuhi nutrisi pada burayak ikan molly marble, anda dapat memberikan pakan pelet yang telah dihaluskan. Setelah umur sekitar 4 hari, anda bisa menambahkan pakan seperti cacing sutra.

Beberapa permasalahan yang menjadi penyebab anak ikan molly mati adalah karena umur induk betina yang terlalu muda. Umur minimal induk molly marble betina adalah 6 bulan.
Apabila kurang dari umur itu maka induk betina molly melahirkan saat belum matang sehingga anak ikan molly belum siap dan mati.

Ikan molly marble dapat dibeli di banyak tempat seperti toko ikan atau pasar ikan. Harga yang ditawarkan untuk mendapat ikan molly marble ini pun relatif murah yaitu sekitar 1500 rupiah perekornya.

Demikian artikel tentang Cara Budidaya Ikan Hias Molly Marble semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *