Serabi Notosuman Oleh – Oleh Legendaris Solo

SERABI NOTOSUMAN
SERABI NOTOSUMAN

SUARASOLO.COM – Serabi Notosuman Oleh – Oleh Legendaris Solo. Banyak orang berkata kota Solo adalah surganya kuliner. Banyak sekali makanan maupun oleh-oleh khas dari kota asal Presiden Jokowi ini.

Salah satu oleh-oleh khas dari Solo yang terkenal adalah Serabi Notosuman. Serabi khas kawasan Notosuman ini diberi nama sesuai asalnya yaitu Jalan Notosuman kecamatan Serengan. Meski nama jalannya sudah berganti menjadi Jalan Mohammad Yamin, rupanya brand ini masih melekat dari Serabi Solo ini.

Serabi merupakan kue yang berbahan dari tepung beras dan santan kental. Serabi Notosuman berbeda dengan serabi dari daerah lainnya. Serabi Notosuman memiliki ciri khas yaitu teksturnya yang lembut dan tipis.

Serabi Notosuman merupakan makanan hasil perpaduan budaya Jawa dan Belanda pada masa jaman penjajahan dahulu.

Pada hari-hari musim liburan toko kue serabi Notosuman ramai diserbu para wisatawan. Terutama pada libur lebaran, banyak sekali pemudik yang membeli Serabi Notosuman untuk  dijadikan oleh-oleh di perantauan nanti.

Serabi Notosuman tersedia dalam dua rasa yaitu serabi rasa coklat dan serabi biasa (original). Serabi rasa coklat dapat dinikmati dengan harga 2.800 rupiah dan Serabi biasa  2.800 rupiah. Harga yang murah dan sangat terjangkau.

Serabi dapat bertahan selama 24 jam jika tidak dimasukkan ke kulkas.

 

BACA JUGA : Menara Eiffel Boyolali Kebanggaan Baru Kota Boyolali

 

Di Jalan Mohammad Yamin sendiri terdapat dua tempat yang menjual Serabi Notosuman yaitu Serabi Notosuman Ny. Lidia dan Serabi Notosuman Ny. Handayani.

Disana pembeli dapat melihat secara langsung pembuatan serabi Notosuman ini. Proses pembuatan serabi ini pun masih mempertahankan cara tradisional. Justru ini yang membuat beberapa pembeli terlihat unik.

Serabi dapat dibeli dengan di bungkus ataupun dimakan di tempat yang disajikan dengan tampah (anyaman bambu).

Sampai saat ini Serabi Notosuman telah diturunkan sampai generasi ketiga. Serabi Notosuman telah berdiri sejak tahun 1923.

Serabi Notosuman sekarang tidak hanya dapat ditemukan di kota Solo saja, saat ini juga dapat ditemukan di berbagai kota di Indonesia terutama kota-kota di Pulau Jawa.

Serabi Notosuman cocok sekali dijadikan oleh-oleh bagi anda yang berkunjung atau berwisata ke kota Solo. Karena Serabi Solo banyak disukai dan cita rasanya sangat khas sehingga menjadi sajian favorit dari kota Solo.

Jika anda sedang berlibur di Solo sempatkanlah membeli oleh-oleh Serabi Notosuman ini.