Inilah Ikan Hias Kecil Yang Suka Bergerombol (Schooling Fish)

Ikan Hias Kecil Suka Bergerombol
source : aquarium-solutions-cambodia
v

SUARASOLO.COM – Inilah Ikan Hias Kecil Yang Suka Bergerombol (Schooling Fish)

Halo aquascape mania
Pernahkah anda lihat ikan yang bergerombol ? Sangat indah bukan?
Ikan yang suka bergerombol sering juga disebut schooling fish. Dalam ilmu Biologi, schooling fish adalah kumpulan ikan yang hidup dan berenang bersama-sama dalam satu arah.

Dengan melihat ikan-ikan hias kecil bergerombol maka akan membuat aquarium menjadi lebih hidup. Tetapi ada beberapa ikan yang tidak dapat dicampurkan untuk membentuk scholing fish karena tiap ikan memiliki karakteristik dan perilaku yang berbeda.

Sebaiknya anda harus selalu perhatikan karakter ikan apakah bersahabat atau tidak. Hal itu yang menjadi pertimbangan utama ketika mencampurkan ikan dalam satu wadah yang sama seperti di aquarium.

Dalam dunia ikan, schooling fish sering terjadi pada ikan-ikan terutama ikan yang hidup di laut. Dengan membentuk gerombolan (schooling fish), ikan akan mendapat beberapa keuntungan diantaranya :

  • Ikan akan merasa aman dari ancaman ikan predator lainnya
  • Dengan membentuk gerombolan, ikan menjadi lebih mudah mendapat makan
  • Schooling fish memudahkan ikan mendapat pasangan
  • Gerombolan ikan akan mempengaruhi efisiensi hydrodinamik ketika ikan berenang dalam jarak yang jauh

Dalam artikel ini akan kami paparkan beberapa jenis ikan hias air tawar yang dapat dicampurkan dan membentuk gerombol.


Daftar Ikan Hias Kecil Suka Bergerombol

Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra 
source : Freshwater Frenzy

Spesies ini sangatlah populer di kalangan hobiis aquarium. Ikan neon tetra merupakan ikan kecil yang mempunyai tubuh biru dan merah. Pilihan ikan neon tetra sebagai ikan yang gerombol (schooling fish) sangatlah tepat karena temperamen ikan ini sangat bersahabat (peaceful).

Ikan neon tetra pun merupakan ikan yang mudah dipelihara. Bagi pemula, ikan ini cocok sekali untuk dijadikan pengisi aquarium anda. Salah satu hal yang menarik dari ikan neon tetra adalah ikan neon tetra akan menyala dalam kegelapan. Nyala dalam neon tetra ini berwarna putih kebiruan.

Ikan Rummy Nose Tetra

Ikan Rummy Nose Tetra
source : Fish Bazaar

Ikan Rummy Nose Tetra memiliki ciri khas warna merah pada bagian mulut dan kepalanya. Ikan ini termasuk ikan favorit untuk membentuk gerombolan (schooling fish).

Ikan Rummy Nose Tetra sangat suka membentuk formasi berenang bersama, meski terkadang ikan rummy nose tetra lebih suka menyendiri saja. Ikan ini sangat sensitif dengan perubahan pH dan suhu dalam aquarium.

Ikan Cardinal Tetra

Ikan Cardinal Tetra
source : Pet Product News

Ikan cardinal tetra memiliki bentuk badan yang sama persis seperti ikan neon tetra. Jika diamati lebih jeli, perbedaan ikan neon tetra dan ikan cardinal tetra yaitu pada warna merah di perutnya,

Warna merah pada cardinal tetra lebih panjang dari ekor sampai bawah mulut. Sedangkan pada ikan neon tetra, warna merah pada badan hanya sampai setengah badan saja.

Sama seperti ikan neon tetra, ikan cardinal tetra juga dapat menyala dalam kegelapan. Nyala warna biru muda ini akan terlihat lebih indah jika ikan berenang secara gerombol. Untuk membuat gerombolan ikan cardinal tetra, dibutuhkan paling tidak 6 ekor ikan hias ini.

Ikan ini pun memiliki ketahanan tubuh dan adaptasi yang bagus.

Ikan Harlequin Rasbora

Ikan Harlequin Rasbora
source : aquaencyclopedia

Harlequin Rasbora dapat dikenali dari corak segitiga hitam di tubuh ikan ini. Ikan harlequin rasbora sangat menyukai berenang bersama dengan jenisnya.

Ikan ini memiliki kebiasaan berenang aktif pada atas (upper) air di aquarium. Karena corak dan karakteristik ikan Harlequin Rasbora yang ramah, ikan ini juga disukai para aquarist.

Ikan Cherry Barb

Ikan Cherry Barb
source : Amazon

Ikan yang berasal dari Sri Lanka ini mempunyai warna dominan kuning kemerahan pada sisiknya dengan garis hitam di badannya. Nama ikan Cherry Barb didapatkan karena jantan ikan ini akan berubah warna menjadi merah ketika musim kawin.

Ikan ini juga memiliki karakter yang damai dan bersahabat sehingga dapat dicampur dengan jenis ikan lainnya. Ikan Cherry Barb memiliki ukuran sekitar 5 cm, untuk membentuk gerombolan sebaiknya terdapat 6 ekor ikan cherry barb.

Ikan Zebra Danio Minnow

Ikan Zebra Danio Minnow
source : The Fish Guide

Zebra danio juga ikan yang mudah bergerombol dengan jenisnya sendiri. Ikan zebra danio memiliki 3 buah garis pada tubuhnya sehingga ikan danio mudah dikenali.

Garis pada zebra danio pun bermacam-macam seperti kuning, silver, pink, dan yang paling umum adalah warna hitam. Terkadang ikan danio zebra memiliki sifat sedikit agresif karena suka menggigit ikan lainnya. Pemilihan ikan ini tidak direkomendasikan dalam tank aquarium anda.


Manfaat Memelihara Ikan Hias

Manfaat Memelihara Ikan Hias
source : pinterest

Menurut beberapa studi manfaat melihat ikan di aquarium sangat bagus untuk kesehatan, di antaranya dapat menurunkan tingkat stres dan juga dapat menurunkan tekanan darah.

Maka dari itu banyak rumah di Eropa dan Amerika yang diset dengan dilengkapi aquarium ikan hias karena memberi efek ketenangan. Terutama pada saat musim salju, karena mereka akan tinggal lebih lama di rumah dan sangat sedikit waktu keluar rumah sehingga membutuhkan hiburan selain TV dan teknologi lainnya.

Ikan yang menggerombol membentuk schooling fish memang membawa kesan tersendiri di aquarium. Jika ingin mensetting ikan secara bergerombol maka perhatikan juga ukuran aquarium. Jangan sampai berdesakan sehingga over populasi karena akan memberikan efek buruk pada kualitas air.

Demikian artikel tentang Ikan Hias Kecil Yang Suka Bergerombol (Schooling Fish). Semoga bermanfaat.