Perbedaan Ikan Platy Dan Molly Serta Jenisnya

2 min read

Perbedaan Ikan Platy Dan Molly
4.67/5 (12)

SUARASOLO.COM – Perbedaan Ikan Platy Dan Molly Serta Jenisnya

Halo aquascape mania !
Ikan molly dan platy merupakan ikan yang paling sering dipelihara oleh beberapa orang dan hobiis ikan. Karena beragam warna dan coraknya kedua ikan ini disukai berbagai kalangan dari dewasa dan anak-anak. Baik, dalam post kali ini, kami akan membahas beberapa perbedaan ikan hias platy dan ikan hias molly.

Bagi beberapa banyak yang terasa sulit untuk membedakan antara dua jenis ikan ini. Bahkan ada beberapa orang yang salah dalam menyebut kedua jenis ikan platy dan molly. Karena memang secara sekilas ikan molly dan platy terlihat sama.

Ikan hias molly merupakan ikan asli benua Amerika dengan nama latin Poecilia sp. Sedangkan ikan platy memiliki nama latin Xiphophorus

Sebelum melihat perbedaan kedua jenis ikan ini, terdapat beberapa persamaan kedua jenis ikan ini.

Persamaan Ikan Platy dan Molly

  1. Ikan molly dan platy merupakan jenis ikan live bearers
  2. Kedua ikan ini hampir sama dalam bentuk badannya
  3. Baik ikan molly dan platy mudah dipelihara dan dibudidayakan
  4. Ikan molly dan platy sangat toleran dengan salinitas air (kandungan garam) yang sedang.
  5. Ikan platy dan molly merupakan ikan yang bersahabat sehingga bisa dicampurkan dan suka bergerombol (schooling fish)
  6. Persamaan terakhir, ikan molly dan platy berkembang biak dengan melahirkan

Berikut beberapa ulasan perbedaan ikan molly dan platy yang telah kami rangkum:


Cara Membedakan Ikan Platy Dan Molly

ikan platy dan molly
source : aquariumfactory

a. Bentuk Badan (Morfologi)

Perbedaan pertama yaitu, ikan molly cenderung memiliki postur badan yang lebih besar dan membentuk balon terutama pada ikan molly betina.

Tidak hanya itu ikan molly juga memiliki ukuran badan lebih panjang (9-13 cm) bahkan untuk jenis lain seperti ikan molly yucatan dan ikan molly lyretail dapat mencapai 15 cm. Sedangkan ikan platy memliki postur tubuh yang lebih pendek (5-8 cm).

Letak mulut ikan molly lebih mengarah ke atas sedangkan mulut ikan platy lebih mengarah ke depan.

Ikan platy pun memiliki ekor yang lebih pendek. kamu bisa melihatnya dari bentuk ekor ikan platy yang pendek dan halus. Sedangkan ekor ikan molly lebih menanduk. Pada beberapa jenis ikan molly, baik sirip punggung dan ekornya lebih penjang terutama pada ikan molly jantan.

b. Ketahanan Tubuh

Ikan platy lebih mudah dipelihara dan lebih toleran terhadap perubahan kondisi air (pH dan suhu). Sedangkan ikan molly lebih sensitif terhadap perubahan kondisi air.

Hal yang harus diperhatikan saat memelihara ikan molly adalah ikan molly tidak dapat toleran dengan kandungan nitrat yang tinggi. Jika kamu memelihara ikan molly di kolam, letakkanlah beberapa tanaman air untuk menyerap kandungan nitrat pada air.

c. Burayak Ikan Molly dan Platy

Burayak / anak ikan molly lebih cepat berkembang dibanding anak ikan platy


Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina

Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina
source : kloojj

a. Warna ikan molly

Cara membedakan ikan molly jantan dan betina sangatlah mudah. Warna ikan jantan lebih cerah dibanding ikan betina. Sehingga jika dilihat ikan jantan memiliki warna yang lebih menarik. Sedangkan ikan betina hanya berwarna polos saja.

b. Badan ikan Molly (morfologi)

Ikan molly betina mempunyai ukuran lebih pendek dan berbentuk bulat.
Sedangkan ikan molly jantan berukuran lebih panjang dan ramping. Tetapi untuk ikan molly balon, baik jantan dan betina sama-sama mempunyai ukuran dan bentuk sama (balon).

c. Sirip bawah perut (anal fin)

Untuk membedakannya kamu bisa melihat ciri-ciri lain yaitu pada siripnya.
Kamu bisa mengetahuinya dengan hanya melihat sirip bawah perut (anal fin) ikan molly.

Jika sirip bawah berbentuk kecil dan panjang maka bisa dipastikan ikan molly itu berkelamin jantan. Sedangkan ikan hias molly betina mempunyai sirip bawah yang berukuran pendek seperti kipas (segitiga).


Perbedaan ikan Platy Jantan dan Betina

Perbedaan ikan Platy Jantan dan Betina
Perbedaan ikan Platy Jantan dan Betina

Sama dengan hal membedakan ikan molly jantan dan betina. Ikan platy mudah dikenali dari sirip bawah perut (anal fin). Jika ikan jantan maka sirip bawah perutnya panjang dan untuk ikan platy betina sirip bawah perutnya pendek dan berbentuk segitiga.

Harga yang di banderol untuk kedua ikan ini terbilang sangat murah. Kamu bisa menemui ikan molly dan platy di toko ikan maupun pasar ikan karena memang ikan molly dan platy sering diperjual belikan.

Dengan uang 5000 rupiah, kamu akan mendapatkan 3 ekor ikan ini di toko.
Ataupun di grosir harga ikan molly dan platy yang ditawarkan akan lebih murah yaitu hanya 1000 rupiah per ekor nya. Sehingga ikan ini sering dibeli anak-anak karena terjangkau harganya

Itulah beberapa perbedaan ikan molly dan platy. Ikan molly dan platy tidak dapat dikawin silangkan (crossbredd).

Jika ingin mengawin silangkan, kamu bisa mengawin silangkan endler, molly dan guppy karena masih satu jenis. Sedangkan crossbreed ikan platy dapat dilakukan dengan ikan pedang (swordtail).

Ikan platy dan molly merupakan ikan yang mempunyai warna indah dan harganya yang terjangkau. Kamu bisa memelihara ikan molly dan platy untuk di display di aquarium juga.

Demikian artikel tentang Perbedaan Ikan Platy Dan Molly Serta Jenisnya. Semoga bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *