Minuman

Minuman yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Merasa sering lupa menaruh benda kecil? Atau bahkan lupa tentang hal-hal penting? Hal tersebut tentu saja memberikan dampak yang negatif untuk kehidupan. Oleh karena itu, jangan anggap sepele ya. Terutama saat umur masih muda, tetapi sudah sering lupa banyak hal.

Kemampuan untuk mengingat memang sangat dibutuhkan dalam mempertahankan materi pembelajaran yang di dapatkan di sekolah setiap harinya. Apabila kemampuan ingatan Kamu kuat maka dapat memberikan dampak yang positif untuk menentukan keberhasilan dalam bidang akademik.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan daya ingat yang dapat dilakukan :

  1. Merangkum

Jika merasa tidak mudah menerima informasi untuk diingat maka kegiatan merangkum merupakan solusi yang tepat. Cobalah untuk merangkum dengan Bahasa sendiri maka akan lebih mudah untuk dipahami.

Jadi, sambil mendengarkan penjelasan, tulis hal-hal penting di buku. Tentu saja, hal tersebut akan sangat membantu dalam mengingat suatu hal yang disampaikan oleh orang lain.

Merangkum juga cara jitu untuk mengingat pembelajaran dengan efektif dan efisien.

  1. Belajar Secara Visual

Sebagian besar orang ada yang merasa lebih mudah untuk mengingat gambar dibandingkan teks. Hal tersebut dikarenakan gambar mempunyai nilai visualisasi yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai salah satu Teknik ataupun strategi untuk mengingat informasi dengan cepat dan mudah.

Atau kamu juga dapat memvisualisasikan apa yang didengar dalam bentuk gambar. Hal tersebut dapat dilakukan untuk lebih mudah dalam memahami sesuatu.

  1. Mengajarkan Materi ke Orang Lain

Mengajarkan kembali materi atau informasi yang didapatkan kepada orang lain juga bisa membantu untuk meningkatkan daya ingatan. Pembelajaran di era saat ini mengharuskan siswa untuk memahami konsep materi sehingga tidak hanya menghafal, bentuknya soal HOTS.

Untuk membantu mengingat konsepnya maka harus berlatih dan belajar secara aktif untuk mempertahankan daya ingat terhadap suatu informasi dengan cara mengajarkan Kembali apa yang telah didapatkan kepada orang lain.

Buatlah kelompok belajar secara bergantian menjelaskan materi yang akan diingat sehingga  akan lebih mudah untuk memahami materi tersebut, tidak hanya hafal.

  1. Melakukan Review

Cara agar daya ingat kamu lebih kuat yaitu disarankan untuk melakukan review atau mengecek dan meninjau ulangan bentuk catatan materi belajar harian dan mingguan. Ketika sering membacanya di lain waktu maka akan lebih membantu kamu untuk mengingat apa yang telah disampaikan dalam kegiatan pembelajaran.

  1. Menggunakan Akronim

Agar lebih mudah dalam mengingat maka sebaiknya gunakan akronim yang berupa gambar, rima, dan kata-kata kunci. Dengan adanya akronim tersebut maka akan membuat kata tersebut mewakili setiap kalimat yang terpisah.

Misalnya, penggunaan akronim HaLiNa Kawin Robi Cs Frustasi yang artinya singkatan dari H (Hidrogen), Li (Lithium), Na (Natrium), K (Kalsium), Rb (Rubidium), Cs (Caesium), dan Fr (Fransium).

  1. Mengasah Otak dengan Permainan

Dilansir dari Sampoerna Academy, salah satu cara meningkatkan daya ingat adalah dengan permainan.

Mengasah otak dengan permainan juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat otak agar tetap terjaga. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengisi teka-teki silang, catur, puzzle, bermain alat musik, membaca, dan juga menghafal gambar.

Beberapa permainan tersebut dapat menstimulasi otak untuk menggunakan kinerja ingatan.

  1. Mengorganisir hal kecil

Jika Anda sering mengalami kehilangan benda kecil maka hindari kebiasaan tersebut. Cobalah untuk merapikan barang pribadi dengan teliti. Mulai dengan melakukan hal sepele dengan cara meletakan barang ke tempatnya, mengkategorikan barang, dan tidak membuang barang sembarangan.

  1. Mengkonsumsi nutrisi penguat otak

Apabila ingin meningkatkan daya ingat maka disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan berbagai vitamin yang menutrisi otak agar lebih optimal. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan dalam bentuk kacang-kacangan, ikan, teh hijau, sayuran hijau, dan kuning telur.

  1. Rutin berolahraga

Ternyata dengan rutin berolahraga juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Selain itu, manfaat olahraga secara rutin juga berdampak dalam melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga dapat mensuplai darah ke otak untuk menghilangkan zat biokimiawi.

Dengan demikian maka akan mendorong perkembangan sel saraf baru untuk membantu memperkuatan ingatan.

Olahraga yang dapat dilakukan yaitu bersepeda, jalan santai, dan berenang.

  1. Istirahat yang cukup

Mempunyai pola istirahat yang cukup dapat berperan penting untuk membuat otak tetap fokus dalam mengingat. Ketika tidur maka ingatan akan Menyusun informasi yang sudah didapatkan dan sudah terjadi.

Saat sudah istirahat dengan cukup dari 7-9 jam maka akan membuat tubuh menjadi sehat bugar dan terbebas dari stress.

  1. Konsumsi Kopi

Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein dan antioksidan tinggi sehingga dapat membantu otak untuk tetap kuat dalam mengingat sesuatu. Meskipun demikian tetap konsumsi secukupnya saja agar tidak berpengaruh pada organ tubuh yang lainnya.

  1. Jamu Kunyit

Dengan mengkonsumsi jamu kunyit yang mengandung zat anti inflamasi maka akan membantu dalam meningkatkan daya ingat.

Menerapkan beberapa pola kegiatan yang baik untuk daya ingat memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan melakukannya secara rutin maka akan membantu otak untuk lebih memiliki daya ingatan yang tinggi.

Check Also

aplikasi pelatihan prakerja

Belajar Akting dan Berbicara di Depan Umum untuk Menjadi Seorang Aktor

Jika kamu memimpikan menjadi seorang aktor dan mampu berperan layaknya artis profesional di film / …

Leave a Reply

Your email address will not be published.