ERP

ERP : Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, Dan Cara Kerjanya Bagi Perusahaan 

ERP merupakan sistem yang sangat penting untuk mengelola ribuan bisnis dari berbagai ukuran dan semua industri. Bagi perusahaan sendiri yang menerapkan sistem ini, ERP sama pentingnya dengan listrik.  Di mana akan tetap membuat barang elektronik menyala dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Apa Itu ERP?

Dilansir dari Sampoerna University, ERP adalah software yang digunakan oleh sebuah perusahaan maupun organisasi untuk mengelola aktivitas bisnis sehari-hari. Contohnya seperti akuntansi, pengadaan, manajemen proyek, maupun yang lainnya.

ERP dirancang dengan sistem yang lengkap dan detail yaitu mencakup manajemen kinerja perusahaan, perangkat lunak yang membantu perencanaan, dan lain sebagainya. Sistem ini terhubung dengan banyak proses bisnis dan aliran data yang saling terkait satu sama lain dalam sebuah sistem.

Apa Saja Fungsi ERP?

Sebagai perangkat lunak, ERP menyediakan alat canggih yang akan membuat pekerjaan lebih efisien untuk dilakukan. Secara umum, ERP memiliki beberapa fungsi dasar, yaitu sebagai berikut :

  1. Manajemen Akuntansi

Seiring perkembangannya, sistem ini menyediakan berbagai opsi sehingga mengelola dan merencanakan keuangan menjadi lebih mudah. Sistem ini akan secara efektif membantu Anda untuk menggabungkan perangkat lunak akuntansi lama dengan yang terbaru. Anda bisa melakukan pelacakan data keuangan dari waktu yang bisa ditentukan sendiri. 

  1. Manajemen SDM

Selain berfokus pada akuntansi, ERP juga membantu Anda untuk mengelola karyawan dengan lebih efektif. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melacak waktu, mengukur kinerja, efisiensi karyawan, maupun hal lain yang terkait dengan SDM. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk menilai pertemuan kepemimpinan sekaligus evaluasi kinerja.

  1. Manajemen Hubungan Pelanggan

Perusahaan dapat dengan mudah untuk mengelola hubungan dengan pelanggan dengan aplikasi ini. Software ini juga dapat digunakan untuk membantu tim penjualan agar dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Sistem ERP dapat dijadikan sebagai solusi bagi perusahaan yang ingin menguasai pasar untuk meningkatkan keuntungan.

Apa Saja Kelebihan ERP?

Sistem ERP memiliki tujuan utama dalam menyediakan data-data akurat sehingga perusahaan bisa mengambil keputusan dengan tepat. Oleh karena itulah sangat penting mengetahui apa saja kelebihan dari sistem ini.

  1. Mengurangi Biaya Operasional

Apabila menggunakan sistem ERP, maka biaya operasional dan manajemen bisa dikelola secara ringkas. Hal ini tentu secara tidak langsung akan mengurangi biaya operasional yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan.

  1. Bisnis Dan Data Terintegrasi

Data menjadi hal yang sangat penting yang harus dikantongi oleh perusahaan. ERP berperan untuk menjaring setiap data yang dibutuhkan oleh perusahaan agar pengambilan keputusan bisa lebih akurat. Perubahan yang terjadi secara realtime juga akan lebih mudah untuk dipantau.

  1. Meningkatkan Kolaborasi Dan Produktivitas

Tanpa melakukan kolaborasi, maka tidak akan muncul ide cemerlang yang mengandung pembaharuan dan kemajuan teknologi. Sehingga sangat penting meningkatkan kolaborasi, dan hal tersebut bisa terwujud dengan menerapkan sistem ini.

Selain itu, sistem ERP juga akan sangat membantu dalam melakukan pekerjaan berulang sehingga bisa dikerjakan secara otomatis. Dengan demikian maka akan banyak waktu luang yang dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya.

Apa Saja Kekurangan ERP?

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dari software ini, Anda juga perlu mengetahui apa saja kelemahannya. Berikut beberapa diantaranya :

  1. Biaya Awal Yang Tergolong Besar

Harga yang dikeluarkan tentu sangat sebanding dengan nilai yang akan diperoleh. Jadi tidak heran, jika di awal perusahaan akan membutuhkan biaya yang besar untuk mengaplikasikan software ini. Tidak salah jika kemudian banyak perusahaan yang berpikir 2 kali untuk menerapkan sistem ini.

  1.  karyawan Sulit Beradaptasi

Karyawan mungkin akan kesulitan beradaptasi dengan keberadaan software ini sehingga justru mengakibatkan kinerja perusahaan menjadi menurun. Akan sangat disarankan untuk membicarakan terlebih dahulu pada setiap departemen untuk mendapatkan komitmen dan mengubah sistem kerja perusahaan.

  1. Sistemnya Rumit

Dikarenakan software ini bisa memenuhi segala kegiatan dan kebutuhan perusahaan, maka akan ada kemungkinan pihak perusahaan merasa kesulitan untuk mengoperasikannya. Sehingga akan lebih baik untuk mempelajari dan memahami cara kerja dari sistem ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Bagaimana Cara Kerja ERP?

ERP sendiri menggunakan dashboard yang memudahkan pengguna untuk melihat data realtime yang dihimpun dari proses bisnis di seluruh departemen. ERP dapat melihat berbagai aspek untuk memutuskan pusat distribusi mana yang paling produktif dan hemat biaya untuk menyelesaikan pesanan tersebut.

Cara kerja dari ERP ini memungkinkan data dari berbagai departemen dibagikan dan diakses oleh semua orang di perusahaan maupun organisasi. ERP berfungsi untuk menyatukan semua orang di satu sumber. Hal ini berarti tidak hanya menyederhanakan proses dan mengurangi waktu kerja, namun juga membuat bisnis memiliki keunggulan secara kompetitif.

ERP cloud dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari setiap industri maupun perusahaan dengan menambahkan fitur-fitur khusus. Tergantung pada penyedia perangkat lunak tersebut. Perusahaan juga bisa menggunakan sistem modular yang memungkinkan perusahaan untuk memilih fitur yang digunakan dan menghapus yang tidak diperlukan.

Banyaknya manfaat yang akan diterima ketika menerapkan sistem ERP tentu tidak heran jika keberadaannya menjadi solusi terbaik untuk berbagai aspek. Selain membuat pekerjaan menjadi jauh lebih efektif dan efisien, juga dapat membantu dalam meningkatkan pelayanan yang berbasis teknologi. 

Check Also

aplikasi pelatihan prakerja

Belajar Akting dan Berbicara di Depan Umum untuk Menjadi Seorang Aktor

Jika kamu memimpikan menjadi seorang aktor dan mampu berperan layaknya artis profesional di film / …

Leave a Reply

Your email address will not be published.