Contoh Teknologi Tepat Guna Sederhana (TTG)

5 min read

contoh teknologi tepat guna sederhana dan gambar
5/5 (6)

Contoh Teknologi Tepat Guna Sederhana (TTG)

Suarasolo- Halo teman-teman
Dalam kesempatan kali ini suarasolo.com akan mengupas tuntas informasi tentang beberapa contoh teknologi tepat guna sederhana lengkap disertai gambarnya.

Saat ini telah banyak teknologi yang diciptakan oleh ilmuwan dengan tujuan untuk membantu dan mempermudah kehidupan manusia. Akan tetapi banyak teknologi itu yang susah sekali diaplikasikan di masyarakat karena ketidakjangkauan harga maupun sarana pendukungnya. Oleh karena itu terdapat ide yang muncul untuk membuat teknologi tepat guna yang sesuai dengan masyarakat.

Pengertian Teknologi Tepat Guna Sederhana (TTG)

Teknologi tepat guna merupakan teknologi yang di buat secara sederhana tetapi memiliki banyak manfaat kepada masyarakat. Istilah teknologi tepat guna awalnya dikemukakan oleh seorang ekonom Dr.Ernst Friedrich Schumacher atau lebih sering disebut “Frits”.
Melalui karya buku nya “Small is Beautiful”, Fritz menggunakan kata “intermediate technology” dan di Indonesia diartikulasikan sebagai teknologi tepat guna.

Ciri Ciri Teknologi Tepat Guna Sederhana

  • Sebagai perbaikan teknologi masyarakat yang masih tradisional dan dinilai tidak efisien di bidang pertanian, energi, transportasi, kesehatan maupun kesejahteraan masyarakat.
  • Teknologi tepat guna sederhana mempunyai nilai investai yang sangat rendah (low budget).
  • Mudah diterapkan serta murah dalam perbaikan (maintenance)
  • Sebagai teknologi yang mampu menyelesaikan permasalahan di masyarakat sehingga tidak ketergantungan dengan pihak lain
  • Ciri Teknologi tepat guna yang terakhir adalah teknologi yang lebih mendayagunakan sumber daya yang ada termasuk energi yang dapat dimanfaatkan

Dalam perkembangannya teknologi tepat guna mempunyai makna yang beragam sesuai dengan pengaplikasian dan bidang ilmu tertentu. Meski begitu secara general teknologi tepat guna mempunyai makna menerapkan teknologi sederhana dengan penggunaan energi yang relatif kecil serta pengaplikasian yang mengacu kepada kondisi masyarakat.

Teknologi tepat guna juga memperhatikan aspek keindahan, sosial, budaya serta kondisi ekonomi masyarakat.

Tujuan Teknologi Tepat Guna

teknologi tepat guna sederhana di bidang kesehatan
teknologi tepat guna sederhana di bidang kesehatan

Adapun tujuan teknologi tepat guna (TTG) adalah teknologi yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dengan mempertimbangkan aspek penggunaan sumber energi yang minimal, perawatan yang mudah (maintenance), serta non polutan.

Karena teknologi yang sudah ada dan paling banyak digunakan sekarang adalah mempunyai excess limbah (asap, cairan) sehigga tidak ramah lingkungan. Inti dari teknologi tepat guna menitik beratkan pada penggunanya (user).

Teknologi tepat guna seringkali dihubungkan dengan teknologi yang dinilai lebih ekonomis dan sebuah alternatif yang merupakan trasnfer teknologi dari negara maju ke negara berkembang.

Di negara maju, teknologi tepat guna mencuat setelah adanya krisis energi yang terjadi sehingga lebih menitikkan teknologi yang lebih efisien dan keberlanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan (environment). Sehingga secara luas teknologi tepat guna lebih cocok digunakan pada negara miskin dan berkembang terutam di pedesaan karena mengalokasikan pada aspek “padat karya” bukan pada “padat modal”.

Dari hal itu dapat disimpulkan teknologi tepat guna sangat efektif diterapkan.

BACA JUGA : Jenis dan Manfaat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Manfaat Teknologi Tepat Guna Sederhana

  • Dapat membantu kebutuhan masyarakat secara optimal
  • Dengan pengaplikasian teknologi tepat guna sederhana diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat
  • Dapat menyelesaikan masala yang ada di masyarakat
  • Manfaat teknologi tepat guna yang terakhir adalah menambah produktivitas masyarakat contoh teknologi tepat guna sederhana dan cara pembuatannya

Lampu Tenaga Surya

teknologi tepat guna dalam bidang teknologi

Lampu ini dilengkapi panel surya sehingga saat siang hari lampu ini akan otomatis mengisi dayanya. Lampu tenaga surya didesain dengan LED dan dapat hidup sekitar 4 jam jika diisi penuh. Penggunaan teknologi ini tersebar di India, Afrika terutama di daerah pedesaan dan daerah tertinggal.

Concrete Canvas Shelters

teknologi tepat guna ttg

Tenda sederhana ini merupakan teknologi baru yang dirancang cocok untuk keadaan darurat seperti untuk tenda evakuasi atau imigran. Tenda ini dibuat dengan kemampuan tahan air (waterproof) dan juga tahan api (fireproof). Ketahanan tenda ini dapat mencapai umur 10 tahun.

Pot Refrigerator

pot refrigerator

Di tahun 2001 seorang pemuda bernama Mohammed Bah Abba dari Nigeria memenagkan penghargaan karen telah membuat wadah pendingin sederhana yang dapat digunakan untuk menjaga makanan tanpa listrik. Rancangannya wadah itu menerapkan konsep pendinginan uap. Dengan alat ini dikatakan sayur terong akan bertahan selama 27 hari (9x lebih awet dari biasanya). Dengan teknologi sederhana ini tomat dapat bertahan hingga 21 hari.

Pemipil Jagung

teknologi tepat guna sederhana di bidang pertanian
teknologi tepat guna sederhana di bidang pertanian

Alat ini dirancang sederhana tetapi memiliki manfaat yang besar. Fungsi alat ini adalah untuk memipil jagung sehingga didapat butiran jagung yang terlepas dari bonggolnya.
Para engineer melihat tantangan ketika melihat para petani di Guatemala karea memipil jagung secara maual dengann tangan. Sehingga dibuatlah alat sederhana dari kayu dan lubang ditengahnya yang pas untuk bonggol jagung.

Sedotan Penjernih Air

teknologi tepat guna sederhana di bidang kesehatan

Di tahun 2009 sebanyak 5000 orang dinyatakan meninggal karena meminum air dengan kualitas buruk. Jumlah kematian itu turun dari tahun sebelumnya (6000 orang), hal ini berkat temuan sederhana sedotan dengan sebutan Lifestraw. Sedotan Lifestraw merupakan sedotan pemurni air yang dirancang dengan harga murah. Kemampuan sedotan ini dapat menyaring paling tidak 700 liter air.

Dengan sedotan ini dapat menyaring hingga 99% pengotor air dan juga beberapa bakteri penyakit (salmonella, Staphylococcus, Shigella) serta 98% virus. Berkat hal itu sedotan sederhana ini memenangkan beberapa penghargaan termasuk menyabet predikat “Penemuan Terbaik 2015” dari majalah Time.

Galon Air Gelinding

teknologi tepat guna di bidang teknologi

Di benua Afrika, mengambil air untuk kebutuha sehari-hari dilakukan oleh para wanita dan anak-anak. Kegiatan ini biasanya menguras tenaga karena jarak tempuh yang jauh dan beratnya beban air yang dibawa. Para insinyur merancang Hippo roller sebagai galon sedernaha yang dapat diglindingkan sehingga meringankan pekerjaan. Biasanya penduduk membawa sebanyak 5 galon air dengan dibawa di atas kepala.

Produk galon gelindinng ini dirancang menyerupai drum sehingga mudah digelindingkan dengan kapasitas 90 liter air (24 galon). Sehingga didapatkan efisiensi hampir 5x kapasitas biasa dengan cara tradisional. Dalam 15 tahun, Hippo Roller telah diditribusikan lebih dari 30000 dan telah membantu 200.000 orang di Afrika.

Alat Pengupas Kacang

alat pengupas kacang

Alat ini dapat menguapas hingga 50 kilogram kacang kering perjam. Alat ini dibuat denga harga murah, tidak lebih dari 50$ dan dapat berumur hingga 25 tahun. Jika dibandingkan dengan cara pengupasan manual tangan biasa, alat ini setara dengan 2000 orang. Tidak heran alat ini memenangkan Penghargaan Mesin Canggih di tahun 2006. Dengan alat ini dapat meningkatkan hingga 4x penghasilan para petani.

Kompor Tenaga Surya

kompor tenaga surya

Dengan seringnya terjadi kelangkaan minyak dan gas yang sering terjadi terutama di negara Indonesia. Para ilmuwan berlomba – lomba menciptakan teknologi baru sebagai alternatif dari penggunaan minyak. Berbagai alternatif telah dikembangkan seperti biofuel, bioethanol, biodiesel maupun biogas. Tetapi dalam penemuan ini menggunakan teknologi yang memanfaatkan tenaga surya (matahari).

Alat Tanam Padi

contoh teknologi tepat guna sederhana di bidang pertanian
contoh teknologi tepat guna sederhana di bidang pertanian

Alat ini sudah banyak digunakan terutama di Indonesia yang merupakan penghasil padi terbesar. Pada umumnya cara menanam padi secara manual menggunakan tangan sehingga akan menguras energi dan waktu. Dirancanglah alat ini sehingga akan memudahkan petani dalam menanam padi.

Teknologi tepat guna ini mempunyai kemampuan menanam padi hingga 120 tanaman per menit. Alat ini pun telah banyak diproduksi beberapa perusahaan di Indonesia salah satunya oleh CV. Mitra Parsambilan.

Alat Komposter Bertipe Tanam

komposer tanam

Alat ini berfungsi untuk mengolah sampah / limbah rumah tangga dan komunal menjadi bahan kompos. Contoh teknologi tepat guna ini didesain oleh kampus ITB Bandung.

Dengan alat ini diharapkan dapat mengatasi sampah / limbah yang setiap hari menjadi masalah pada masyarakat menjadi pupuk yang bermanfaat. Prinsip kerja alat komposter ini dengan memanfaatkan mikroorganisme untuk mengurai sampah.

Mesin Penetas Telur

mesin penetas telur

Mesin ini dapat dugunakan untuk menetaskan telur-telur unggas seperti ayam, bebek, angsa maupun burung. Alat ini deilengkapi dengan pengatur suhu dan di display pada LCD sehingga suhu dapat dikontrol. Mesin ini dibuat oleh CV. Teknologi Tepat Guna.

Pompa Air Dengan Tenaga Sepeda

ttg

Jika biasanya pompa digerakkan dengan menggunakan listrik seperti diesel dan mesin pompa biasa. Berbeda dengan pompa ini karena menggunakan sepeda sebagai tenaganya.
Prinsip kerja pompa ini sederhana hanya dengan menyambungkan ban dengan perangkat pompa elektrik. Ketika sepeda dikayuh maka air akan keluar dari pipa yang dismabungkan. Alat ini dapat menghasilkan air sampai 40 liter permenit.

Alat Pengupas Kulit Kopi

Alat ini memiliki kemampuan untuk mengupas kulit kopi. Teknologi tepat guna ini digerakkan dengan manual. Alat ini juga bisa dimodifikasi dengan mesin sebagai penggeraknya seperti mesin diesel.

Kincir Air

kincir air

Teknologi tepat guna salah satu ini merupakan teknologi yang sudah digunakan dari jaman dahulu. Kincir air menggunakan prinsip tekanan air untuk menggerakkan kincir sehingga dari tenaga gerak itu didapatkan listrik dengan bantuan dinamo. Selain itu kincir air dapat mengangkat air dan dialirkan ke irigasi, ladang maupun sawah. Salah satu contoh teknologi tepat guna ini terkenal pada jaman khalifah kejayaan islam

Pengaduk Es Puter

pengaduk es puter

Alat sederhana ini dibuat dengan tujuan untuk membuat es puter. Dengan alat ini mampu menghemat waktu dalam cara pembuatan es puter. Jika biasanya untuk membuat es puter dibutuhkan waktu hingga 3 jam, dengan alat ini hanya membutuhkan waktu 1/2 jam.
Alat ini dirancang oleh Retno Susanti dari SMKN 2 Sukoharjo.

Teknologi tepat guna memusatkan pada fungsi kegunaannya yang praktis, sederhana serta ekonomis sehingga dapat diterima oleh masyarakat.

Demikian artikel tentang contoh teknologi tepat guna sederhana. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda. Silahkan bagikan artikel ini supaya lebih bermanfaat. Terimakasih. <suarasolo>

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *