Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Layar Putih (White Screen)

2 min read

cara mengatasi laptop layar putih (white screen)
5/5 (1)

Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Layar Putih (White Screen)

Kemajuan di bidang teknologi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Salah satu produk hasil dari kemajuan teknologi adalah komputer. Laptop/komputer di jaman sekarang merupakan perangkat wajib bagi pekerja kantor maupun bagi mahasiswa. Dengan perangkat ini pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan cepat diselesaikan.

Nah bagaiamana jadinya saat sedang menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas tiba-tiba ada trouble pada laptop/komputer berupa layar blank putih. Baik dalam artikel ini akan dibahas beberapa penyebab dan cara menangani layar blank putih pada laptop/komputer kamu.

Apakah White Screen itu ?

Layar blank putih atau juga disebut White Screen of Death (WSOD) disebabkan karena adanya isu error pada Operating System (OS) sehingga membuat perangkat berhenti bekerja dan menampilkan layar putih pada laptop/komputer.

Penyebab Layar Putih Pada Laptop

Beberapa hal yang menjadi penyebab layar laptop putih (white screen) adalah :

  1. Kurangnya udara yang masuk pada laptop, sehingga sirkulasi pertukaran udara di dalam laptop sangatlah kurang.
  2. Karena vibrasi / getaran sehingga mempengaruhi kinerja laptop.
  3. Adanya kerusakan kabel fleksibel pada laptop kamu.
    Hal yang sering terjadi adalah kabel fleksibel kotor atau bisa juga kabel fleksibel putus. Kabel fleksibel ini terletak pada sendi lipatan laptop.
  4. Virus maupun malware yang menyerang laptop kamu

Deteksi Kerusakan Laptop

Cara mudah untuk mendeteksi bagian mana yang rusak/error pada laptop/komputer kamu adalah dengan mengubungkan laptop dengan layar eksternal seperti HDMI pada TV / monitor lain.

  • Jika tampil normal pada layar eksternal maka trouble terjadi pada layar laptop, atau pada kabel konektor penghubung.
  • Jika tetap saja tidak tampil di layar eksternal berarti ada masalah pada graphic card/GPU atau motherboard laptop kamu. Kamu bisa memperbaikinya dengan cara update driver terbaru atau jika tidak menyelesaikan kamu harus menggantinya.

Cara Memperbaiki Layar Laptop Putih (Software)

Cara berikut merupakan langkah awal yang paling mudah yaitu mengatasi secara bagian sistem piranti lunak dalam laptop kamu. Berikut langkah – langkah yang bisa kamu ikuti :
1. Jalankan sfc pada command prompt
Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menyecan problem yang ada di laptop/komputer kamu dengan perintah sfc/scannow. Berikut langkahnya:
a. Klik kanan pada menu “Start” dan pilih “Command Prompt (admin)”
b. ketikkan sfc/scannow dan tekan enter
c. Tunggu sampai scan selesai dan restart komputer/laptop

2. Scan Malware
Kamu bisa menggunakan scan malware dengan Malwarebyte, Hitman Pro atau penghilang malware lain. Lakukan scan malware dengan cara safe mode pada laptop kamu.

3. Lepas Baterai Laptop
Cara lain yang bisa kamu coba, lepaskan baterai dari laptop kamu dengan hati-hati. Ingat matikan laptop terlebih dahulu sebelum melepas baterai dari laptop. Setelah baterai di lepas, tekan tombol power selama 30 detik. Pasang lagi baterai laptop dan hidupkan kembali laptop.

4. Cek graphic card laptop kamu

5. Gunakan sistem restore pada laptop kamu
Dengan menggunakan metode ini kamu bisa mengembalikan laptop ke keadaan laptop sebelum terjadinya masalah layar putih

Cara Memperbaiki Layar Laptop Putih (Hardware)

Jika cara memperbaiki layar laptop putih secara software belum bisa menyelesaikan masalah, kamu bisa menggunakan cara lain yaitu dengan membongkar laptop kamu.
Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti :

  1. Persiapkan dahulu alat yang digunakan untuk membongkar laptop kamu diantaranya obeng kecil minus (-), plester / isolasi.
  2. Langkah berikutnya buka bagian LCD laptop kamu.
    Bukalah penutup baut pada LCD. Usahakan saat membongkar layar LCD dengan hati-hati karena LCD sangatlah rawan. Tiap-tiap laptop mempunyai desain yang berbeda, ada yang didesain dengan 4 baut dan ada juga yang 6 baut.
  3. Buka cover penahan LCD dengan baut dan ditarik secara perlahan.
    Setelah itu kamu akan melihat beberapa kabel yang menyatu. Kabel-kabel ini merupakan gabungan kabel inverter, kamera depan laptop, wifi dan kabel konektor LCD.
  4. Langkah berikutnya adalah kamu buka isolasi yang menggabungkan beberapa kabel itu.
    Tarik kabel dari socket dan bersihkan pin connector kabel. Jika ada kabel yang terputus segera sambungkan lagi dengan menggunakan solder, bisa jadi hal inilah yang membikin masalah layar laptop kamu menjadi putih.
  5. Pasang kembali kabel ke socket seperti semula.
    Pastikan plester kembali semua kabel agar lebih kuat.
  6. Hidupkan laptop
    Coba hidupkan laptop dan cek layar laptop masih putih (white screen) atau tidak.

Jika beberapa cara di atas tidak juga menyelesaikan permasalahan kamu, saran saya lebih baik segera di bawa ke tempat service terdekat agar ditangani teknisi yang ahli di bidangnya. Demikianlah tutorial tips cara mengatasi layar laptop putih (white screen).
Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menyelesaikan permasalahan kamu sampai laptop kembali ke keadaan semula.

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *