Cara Bermain Saham yang Halal secara Tepat dan Benar

Saham untuk saat ini menjadi salah satu model investasi yang bisa orang beli kapanpun dan dimanapun. Kemudahan ini membuat banyak orang tertarik, apalagi sekarang terdapat jenis saham halal. Lalu bagaimana cara bermain saham yang halal ?

Berikut Cara Bermain Saham yang Halal secara Tepat dan Benar

Saham halal maksudnya disini adalah jenis yang mengandung unsur syariah. Dalam prakteknya terdapat dua jenis saham syariah yaitu saham syariah sesuai kriteria OJK dan saham syariah buatan perusahan publik berbasis islami. Berikut adalah cara bermain saham yang halal :

1. Menyiapkan Dokumen

Sebelum bermain atau mulai melakukan investasi di pasar saham syariah pastikan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menyiapkan dokumennya. Hal yang perlu Anda siapkan adalah KTP, buku tabungan, materia, dan NPWP.

Pastikan semua data dan informasi ini lengkap karena apabila ada kebohongan soal data pribadi bisa saja proses pembuatan akun untuk bermain saham halal gagal dan tidak orang terima. Maka dari itu, hal ini wajib menjadi perhatian penting.

2. Pastikan Punya Rekening Saham

Setelah melakukan persiapan surat menyurat kemudian langkah awal untuk bermain saham halal adalah membuat rekening khusus berlabelkan saham syariah. Pembuatan rekening ini bisa Anda lakukan dalam beberapa cara yang sudah pihak penyedia jasa berikan serta hadirkan untuk nasabah.

Terdapat beberapa penyedia rekening syariah yang menawarkan proses pembuatan buku tabungan secara online. Akan tetapi, jika Anda tidak begitu sibuk usahakan untuk membuatnya langsung mendatangi kantor bersangkutan agar lebih jelas.

3. Memilih Tempat Bermain Saham yang Tepat

Seperti penjelasan di awal tadi saham syariah terbagi dalam dua jenis. Pastikan memilih tempat bermain saham yang sesuai dengan kriteria OJK syariah sehingga bisa memainkan saham halal. Informasi ini bisa Anda pelajari terperinci.

Apalagi sekarang terdapat akses internet yang cukup kencang sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat bermain saham halal ini. Hal paling penting adalah memilih tempat bermain saham halal adalah label OJK dan syariahnya harus tersedia.

4. Mulai Setor Uang dan Formulir

Kemudian setelah melakukan 3 hal awal langsung siapkan modal untuk memulai proses penyetoran uang. Isilah formulir pendaftaran, setorkan dana awal ke nomor rekening pada dana investor atau biasannya orang sebut dengan RDI.

Umumnya masing masing broker atau pialang akan memberikan ketentuan soal hal ini secara berbeda beda sesuai keperluannya. Besaran modal awal yang harus pemainan setorkan masing masing pialang berbeda sehingga Anda harus jeli membaca hal ini, karena jika tida bisa saja bingung kedepannya.

5. Melakukan Transaksi dan Pengecekan

Setelah melakukan penyetoran, pihak broker atau sekuritas akan memberikan Anda sebuah akun RDN atau Rekening Dana Nasabah dengan sebuah password dan username sebelum transaksi. Setelah menerima dua hal ini barulah proses transaksi saham halal bisa terjadi.

Lakukan analisa kinerja saham syariah Anda secara berkelanjutan. Pengecekan bisa mulai pemain lakukan dalam beberapa tahapan. Umumnya orang akan melakukan pemantauan mulai dari 1 bulan, 3 bulan, sampai dengan 9 bulan. Tindakan ini akan memastikan permainan saham halal berjalan sesuai.

Demikian informasi mengenai cara bermain saham yang halal. Investasi saham memang memiliki beberapa aturan dan juga perhitungan lebih komplek hal ini terkadang membuat umat muslim ragu memainkannya. Akan kehadiran saham halal syariah menjadikan investasi jenis ini sekarang aman.

Check Also

Trading Pakai HP - Aplikasi PINTU

Trading Crypto Pakai HP Menggunakan Aplikasi Pintu

Trading – Aplikasi Pintu adalah sebuah aplikasi besutan Star Up asal Indonesia yaitu PT Pintu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close