Cara Mengatasi Hp Sony Xperia Yang Hidup Mati / Bootloop

2 min read

Cara Mengatasi Hp Sony Xperia Yang Hidup Mati

Cara Mengatasi Hp Sony Xperia Yang Hidup Mati / Bootloop – Sony Xperia merupakan ponsel buatan Jepang yang didukung dengan fitur yang canggih. Selain itu Sony Xperia juga disebut pelopor produk smartphone yang ada di pasaran saat ini.

Namun yang namanya perangkat elektronik tidak akan terlepas dengan namanya error dan trouble. Salah satu permasalahan pada Hp Sony Xperia adalah bootloop / hidup mati atau restart sendiri.

Jika Hp tiba-tiba mati terjadi saat memainkan game atau menjalankan aplikasi, sangatlah membuat kesal pasalnya progress akan hilang begitu saja.

Hp yang hidup mati sendiri sangatlah umum, karena terjadi tidak hanya pada brand Sony saja. Permasalahan bootloop terjadi dimungkinkan karena terdapat kesalahan pada bagian software atau hardware.

Dalam artikel ini akan menjabarkan penyebab dan cara mengatasi Hp Sony Xperia Bootloop / Hidup Mati.

Penyebab Hp Sony Xperia Hidup Mati / Bootloop

1. Terjadi Error Pada Sistem operasi (OS)

Sistem Operasi pada Hp Sony Xperia menggunakan android. Jika terjadi trouble pada sistem operasi di Hp Sony maka aplikasi dapat tertutup sendiri hingga Hp restart secara otomatis.

2. Chipset Hp Sony Xperia Kepanasan

Masalah ini sering muncul jika kamu menggunakan aplikasi berat pada Hp sehingga menyebabkan chipset menjadi cepat panas.

Sama seperti pada komputer, saat chipset dalam kondisi panas maka hp secara otomatis mati sendiri untuk mencegah terjadinya kerusakan komponen lain.

3. Root / Superuser

Penyebab terakhir hp Sony Xperia sering hidup mati adalah karena memasang root / superuser Hp.

Memang dengan pemasangan root bisa mendapatkan banyak kelebihan karena pengguna dapat mengontrol Hp secara sepenuhnya.

Namun pada beberapa kasus, melakukan root juga memiliki dampak buruk pada Hp seperti terjadinya error.

Cara Mengatasi Hp Sony Xperia Yang Hidup Mati / Bootloop

1. Lakukan pembaruan / update OS Sony Xperia

Sistem Operasi pada Hp dapat diupdate ke versi terbaru. Pengupdatean ini akan memperbaiki bug dan beberapa hal yang membuat masalah pada Hp Sony Xperia.

Kamu dapat mengupdate OS Sony melalui Settings / Pengaturan > About / Tentang Ponsel > Upgrade OS / Pembaruan Sistem. Selain itu kamu juga dapat mengupgrade OS secara manual dengan PC.

2. Cek kondisi baterai Hp Sony Xperia

Pengecekan baterai dapat dilihat dari persentase penggunaan baterai pada tampilan atas layar Hp.

Misalnya saat baterai Hp masih dalam kondisi 20% terisi namun dalam tiba-tiba mati maka sangat dimungkinkan sel pada baterai Sony Xperia sudah tidak bagus dan harus diganti dengan baterai baru.

Pengecekan kondisi baterai juga bisa dilihat dari performa baterai. Misal saat baterai masih terisi 70% namun dalam waktu singkat drop ke 30% maka dapat disimpulkan baterai sudah tidak layak digunakan.

Pada kasus lain terdapat error pada status Hp. Misalnya habis melakukan pengisian daya baterai hingga penuh namun status baterai hanya muncul 4% saja. Jika digunakan dalam waktu singkat Hp akan mati sendiri lagi.

Untuk mengatasinya permasalahan pada baterai Hp bisa menggunakan aplikasi monitor Hp di Google Play Store yang dapat didownload secara gratis seperti AccuBattery.

Aplikasi ini akan mengecek kondisi baterai secara keseluruhan dan melakukan kalibrasi keakuratan baterai.

3. Hapus Cache & File Sampah

Cache dan junk file merupakan sisa aktivitas pada Hp. Jika file ini dibiarkan dalam waktu lama maka akan menumpuk dan memberatkan sistem pada Hp.

Untuk membersihkannya tidak dibutuhkan aplikasi tambahan karena pada Sony terdapat fitur pembersihan cache, RAM dan Junk File. Selain itu dengan pembersihan berkala dapat meringankan kinerja Hp.

4. Uninstal Root / Unroot Hp

Jika metode di atas tidak juga menyelesaikan permasalahan ini, maka kamu bisa mencoba dengan menghapus superuser / root pada Hp Sony Xperia (jika menggunakan).

Berikut cara menghapus root pada android Sony Xperia secara mudah.

Baca : Cara Hapus Kingroot Android

Metode ini dapat dilakukan pada semua tipe Hp Sony seperti Sony Xperia Z3, Sony Xperia X, Sony Xperia C3, Xperia ZR Docomo, Sony Xperia XZ.

Akhir

Demikian artikel tentang cara mengatasi Hp Sony Xperia yang hidup mati / bootloop. Selamat mencoba.