Cara Membuat Multiple Panoramic Instagram Agar Foto Menyambung

1 min read

Multiple Panoramic Instagram

Instagram terus melakukan update untuk menambahkan beberapa fitur baru secara berkala. Terdapat fitur – fitur baru yang disematkan pihak IG seperti IGTV,  Filter dan lainnya.

Pada instagram sendiri apakah kamu pernah melihat style foto yang terpotong – potong rapi tetapi masih menyambung? Ya efek ini dinamakan efek Panoramic.

Apakah efek panorama di instagram ini ? Panorama merupakan efek foto yang membagi foto menjadi beberapa bagian dua part atau lebih dengan tampilan memanjang atau kotak.

Bagaimana cara membuat efek panorama di IG ? Sayangnya instagram tidak menyediakan fitur untuk memotong foto menjadi beberapa bagian sesuai keinginan.

Namun, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi gratis pihak ketiga untuk melakukan hal ini yang dapat diunduh di Play store atau App store.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang cara menggunakan efek panorama di instagram agar foto memanjang rapi dan terlihat tidak terpotong.

Aplikasi Panorama Instagram

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk membantu edit panorama di IG.

Berikut daftar aplikasi tersebut :

1.  Panorama Split

Aplikasi Panorama Split dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini bisa memotong foto pada galeri menjadi 2 hingga 9 part.

Setelah diinstal, pengguna dapat mengupload foto / gambar yang dipunya kemudian aplikasi akan memproses untuk slice menjadi 2 – 9 potongan.

2. Panorama Crop

Untuk aplikasi gratisan, Panorama Crop dirasa cukup lengkap serta praktis. Terlihat beberapa fitur tambahan yang dapat digunakan untuk edit foto yang menjadikan hasil foto lebih baik.

Fitur yang disematkan di aplikasi ini berguna untuk menyesuaikan dengan post di instagram seperti Swipe, Grid Post hingga No crop.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan mengingat keunggulan fiturnya. Selain itu kompresi gambar yang dihasilkan sangat minimum.

Jika dilihat secara kasat mata tidak ada perbedaan antara foto asli dengan yang telah di edit dengan Panorama Crop.

3. UNSQRD

Bagi pengguna hp iOS iPhone aplikasi ini dapat didownload di App Store secara gratis. Setelah itu pengguna tinggal mengunggah gambar / foto yang telah disiapkan. Secara otomatis UNSQRD akan menyesuaikan foto menjadi beberapa slice.

Pengguna pun juga dapat mengatur berapa part foto sesuai kebutuhan. Fitur unggulan lain dari app ini adalah dapat melakukan post langsung ke IG. Oleh karenanya akan memudahkan pengguna. Fitur ini harus mengatur perijinan pada privacy hp.

UNSQRD juga cocok untuk membuat post foto panjang dan menyambung.

4. Panoram

Aplikasi Panoram juga merupakan aplikasi panoramic yang tersedia di iPhone. Keunggulan fitur ini yaitu mampu memotong foto / gambar bukan untuk post feed saja. Pengguna juga dapat mengedit foto untuk keperluan instagram story.

Secara default, aplikasi Panoram akan memotong foto menjadi 3 part. Untuk melakukan slice foto lebih dari 3 part dibutuhkan upgrade aplikasi ke versi pro.

Cara Membuat Multiple Panoramic Instagram

Pada tutorial ini menggunakan aplikasi “Panorama Crop for Instagram”. Sebelum memulai pengeditan, pengguna harus menginstal aplikasi tersebut dari Google Play Store dan menyiapkan objek foto / gambar.

Berikut langkah menerapkan multiple panoramic instagram :

1. Buka aplikasi Panorama Crop
2. Pilih New Swipeable Post


3. Pilih foto yang akan diedit


4. Atur foto untuk dapat dipotong menjadi berapa bagian


5. Lihat bagian Preview, jika sudah cocok maka lanjutkan dengan klik centang
6. Foto secara otomatis tersimpan di memori hp

Semakin banyak pengaturan slice foto maka ukuran foto akan menjadi memanjang. Untuk itu pengguna dapat mengatur ukuran foto agar sesuai untuk dipotong.

Penutup

Demikian artikel tentang Cara Membuat Multiple Panoramic Instagram dengan Aplikasi Panorama agar foto memanjang dan tidak putus. Selamat mencoba di gadgetmu. Terimakasih.












Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *