Begini Cara Membuat Desain Slip Gaji Karyawan

1 min read

Tanggal gajian bagi sejumlah karyawan menjadi hari yang ditunggu-tunggu, karena saat itulah waktu yang tepat dalam pembayaran hasil kerja kita.

Biasanya, seorang karyawan dari suatu perusahaan tertentu mendapatkan slip gaji yang menjadi bukti pembayaran gaji sudah dilakukan.

Begini cara membuat desain slip gaji karyawan, bagi para pengusaha yang memberi gaji pada setiap karyawannya. Caranya mudah saja, bisa melalui excel atau word di komputer atau laptop.

Namun Anda juga harus mengetahui apa saja format atau elemen penting yang diperlukan di dalam slip gaji, misalnya seperti informasi perusahaan, tanggal penggajian, data diri karyawan, potongan gaji (bila ada), sampai rincian gaji itu sendiri.

Untuk contoh slip gajinya sendiri, Anda bisa mengaksesnya disini: https://bukuwarung.com/contoh-slip-gaji-karyawan/

Begini Cara Membuat Desain Slip Gaji Karyawan yang Simpel dan Cepat

Setelah Anda mengetahui elemen apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan slip gaji ini, maka Anda bisa membuatnya sendiri. Berikut ini beberapa cara mudah dalam membuat slip gaji, dengan menggunakan dua media yaitu excel dan word :

1. Membuat Slip Gaji Karyawan dengan Excel

  • Buka microsoft excel terlebih dahulu, lalu persiapkan kolom tabel yang sesuai dengan format slip gaji sesuai dengan perusahaan dan data karyawan. Gunakan cara penggunaan microsoft excel secara standar.
  • Jika sudah dibuat tabel kini saatnya untuk memasukkan rincian slip gaji di tabel tersebut. Gunakan beberapa sheet pada microsoft excel tersebut yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Masukkan juga informasi perusahaan di bagian kop slip gaji dan informasi lainnya.
  • Ketika menggunakan rumus gaji pada excel isi juga tabel dengan menggunakan rumus VLOOKUP. Jadi Anda tidak usah memasukkan angka dengan cara manual. Supaya saat ada kesalahan angka di salah satu tabel, Anda tidak usah mengganti seluruh tabel.
  • Untuk bagian penghitungan rumus ppH bisa disesuaikan kembali dengan ketentuan slip gaji yang berlaku. Misalnya berapa % jumlah yang harus dipotong dari jumlah penghasilan keseluruhan. Kemudian jumlahkan semua penerimaan dengan menggunakan rumus SUM, yang dikurangi dengan total seluruh potongan.

2. Membuat Slip Gaji Karyawan dengan Microsoft Word

  • Buat formatnya terlebih dahulu pada microsoft word dengan membuka dokumen yang baru. Format ini akan menjadi master dalam mencetak sebuah slip gaji. Pemakaian format slip gaji dengan memakai tabel microsoft word, bisa dengan mengetik kembali kalimat yang ditampilkan berulang kali pada setiap slip gaji masing-masing karyawan.
  • Kemudian siapkan juga file khusus yang isinya data gaji karyawan, yang lengkap dengan rincian gaji yang nantinya muncul di dalam slip gaji tersebut. Cara yang lebih mudah dilakukan adalah dengan membuat data yang disusun di dalam microsoft excel terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka file master slip gaji di microsoft word, di bagian menu pada baris atas dan klik Malilings lalu klik Select Recipients kemudian cari di bagian folder penyimpanan dan pilih nama file pada data karyawan yang sudah dibuat tadi. (di microsoft excel).
  • Pilih Ok
  • Posisikan kursor di tempat yang datanya akan Anda isi. Kemudian klik Insert Merge Field. Pilih juga nama judul di bagian kolom yang ada di sana dan sesuaikan dengan pengisian kursor tersebut.

Begini cara membuat desain slip gaji karyawan, baik dan microsoft excel maupun word. Anda bebas memilih cara mana yang menurut Anda lebih mudah.

Jika Anda kesulitan dalam membuat data gaji karyawan, maka Anda bisa meminta bantuan pada aplikasi keuangan harian BukuWarung. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang berkaitan dengan laporan keuangan yang akan memudahkan dalam pencatatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *