Cara Menyalakan TV Tanpa Remote

Cara Menyalakan TV Tanpa Remote Berbagai Merk Secara Mudah

Cara Menghidupkan TV Tanpa Remote – Remote merupakan alat yang berfungsi untuk mengendalikan mesin serta perangkat elektronik dari jarak jauh.

Hampir semua perlengkapan elektronik rumah tangga sudah dilengkapi dengan teknologi remote control, tak terkecuali pada televisi ( TV ).

Dengan segala kepraktisan dan kegunaan remote TV, banyak pengguna dengan mudah menghidupkan / mematikan TV hingga melakukan setting tertentu.

Namun ada kalanya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada remote TV yang dimiliki. Seperti remote rusak atau tiba – tiba hilang karena lupa menaruhnya.

Sehingga banyak pengguna yang bertanya cara menghidupkan TV tanpa remote control.

Bagaimana cara menyalakan TV tanpa remote bawaan TV?

Untuk menyalakan TV tanpa remote bisa menggunakan tombol power pada TV. Tombol power TV ini terletak pada sisi bawah, sisi depan ataupun pada sisi kanan / kiri casing tergantung merk dan tipe TV. Jika ingin mematikan TV juga bisa dengan menekan tombol power tersebut.

Jika metode menyalakan TV dengan cara tersebut terasa cukup ribet, kamu bisa menggunakan metode alternatif lain.

Terdapat alternatif lain cara menghidupkan TV tanpa remote seperti menggunakan HP dengan fitur inframerah (IR Blaster), bluetooth, WiFi atau remote TV universal.

Berikut beberapa metode untuk menyalakan yang bisa dilakukan sebagai alternatif menyalakan televisi tanpa remote control.

Cara Menyalakan TV Tanpa Remote Dengan Sinar Inframerah HP

Salah satu cara menyalakan TV yaitu dengan menggunakan perangkat hp yang dimiliki.

Beberapa HP android bisa digunakan sebagai remote TV pengganti seperti halnya Hp Xiaomi dan Hp lain yang dilengkapi fitur port IR Blaster (sinar inframerah).

Jika menggunakan Hp yang dilengkapi dengan Inframerah ( IR Blaster ) seperti Xiaomi bisa menggunakan aplikasi bawaan Xiaomi tanpa harus instal aplikasi tambahan. Jika tidak menggunakan Hp Xiaomi bisa mendownload alternatif aplikasi Mi Remote Controller.

Cara pengoperasian aplikasi Mi Remote ini sangat mudah. Berikut cara penggunaan aplikasi Mi Remote Controller untuk TV.

**Cara Menggunakan Mi Remote

Cara Menghidupkan TV Dengan Bluetooth Dan WiFi

Jika tidak memiliki fitur IR blaster jangan bimbang dulu karena masih terdapat opsi alternatif lain.

Hp tipe lama selain Xiaomi juga bisa digunakan sebagai pengganti remote TV asalkan sudah dilengkapi dengan fitur Bluetooth atau WiFi. Selain itu perangkat TV yang sudah support bisa dikendalikan dengan Bluetooth dan WiFi Hp adalah smart TV.

Smart TV memiliki banyak fitur unggulan dibanding TV plasma atau LCD / LED TV. Salah satu keunggulan Smart TV yaitu dapat terhubung dan beroperasi dengan internet.

Terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan sebagai remote TV dengan Hp. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai remote di android adalah

Jika TV di rumah tidak termasuk smart TV atau android TV, bisa mengikuti alternatif lainnya yaitu dengan remote universal.

Cara Menghidupkan TV Dengan Remote Universal

Metode terakhir untuk menyalakan tv tanpa remote adalah dengan menggunakan remote pengganti.

Kamu bisa menggunakan remote universal untuk menggantikan remote TV asli. Jika dilihat dari fungsinya sih sama saja karena banyak remote universal yang memiliki tombol dengan fungsi yang cukup lengkap seperti aslinya.

Selain dari segi harga yang murah, remote TV universal sangat mudah dioperasikan. Untuk menggunakannya, pengguna harus memasukkan 3 angka sebagai kode sesuai merek TV.

Baca : Kode Remote TV Universal Semua Merek Terbaru

Akhir

Dengan menggunakan metode di atas, pengguna dapat mengoperasikan mesin elektronik tanpa harus memencet tombol operasional pada mesin.

Demikian artikel tentang cara menghidupkan TV tanpa remote / menyalakan.

Check Also

Cara Membuat Efek SlowMo Video

Cara Membuat Efek SlowMo Video di Capcut Secara Cepat

Cara Membuat Video SlowMo di Capcut – Slow Motion atau lebih sering disebut SlowMo adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *