Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 1 Mb di Hp Tanpa Aplikasi

Cara mengubah ukuran foto tanpa mengurangi kualitas – Seiring dengan perkembangan teknologi, kualitas kamera yang terdapat pada HP  pun semakin meningkat. Mungkin dulu kualitas tertinggi kamera HP  hanya sekitar 16 MP, tapi sekarang kualitas kamera HP sudah bisa menandingi kamera digital.

Tentu ini sebuah kemajuan teknologi yang cukup positif, tidak perlu ribet lagi membawa kamera digital yang lumayan besar bentuknya. Cukup dengan HP, sudah bisa mengabadikan momen indah yang ada di depan mata.

Kendati demikian, ada beberapa dampak negatif dari kualitas kamera yang semakin meningkat, salah satunya ukuran foto menjadi besar.

Di Hp -Hp terbaru, hanya untuk sebuah foto saja, ukurannya bisa mencapai 5 Mb. Hal ini akan memberatkan sekali pada penyimpan Hp, apalagi yang memiliki penyimpanan cukup terbatas. Apalagi jika ingin berbagi foto kepada yang lain secara online, akan menghabiskan kuota yang cukup banyak.

Tapi tidak usah khawatir, dampak – dampak tersebut masih bisa diatasi secara mudah. Tanpa perlu menggunakan Laptop, bahkan cukup menggunakan Hp yang ada miliki.

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan cara mengkompres ukuran foto. Bagi yang belum tahu, kompres merupakan salah satu cara untuk memperkecil ukuran foto.

Banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan untuk mengkompres ukuran foto, baik melalui laptop atau melalui web – web yang tersedia, bahkan melalui Hp juga sangat memungkinkan.

Tapi yang menjadi permasalah kebanyakan orang, ketika mengkompres ukuran foto, kualitas fotonya ikut menurun. Tidak usah khawatir, karena ada cara supaya kualitas foto tidak ikut menurun.

Beberapa Alasan Kenapa Harus Mengecilkan Ukuran Foto

Tentu Anda yang ingin mengubah ukuran foto memiliki alasan yang kuat, sehingga harus melakukan cara ini. Terutama orang – orang yang suka upload foto di social media.

Biasanya beberapa sosmed membatasi ukuran foto yang di unggah, hal inilah yang membuat sebagian  orang merubah ukuran foto terlebih dahulu. Bukan hanya itu saja, file – file foto yang besar juga dapat menyebabkan penyimpanan di hp lebih cepat penuh, sehingga merubah ukuran foto merupakan solusi yang sangat jitu.

Dibawah ini adalah beberapa alasan, kenapa kita harus merubah ukuran foto :

  • Ukuran foto yang besar, yang menyebabkan memori cepat penuh
  • Terdapat batasan ukuran size dalam mengupload foto di beberapa sosmed
  • Memori pada handphone yang kecil
  • Lebih hemat kuota ketika mengirim foto yang berukuran kecil
  • Membuka galeri lebih cepat, karena file foto berukuran kecil
  • Dan beberapa alasan lainnya

Merubah ukuran foto dapat dilakukan secara offline (melalui aplikasi – aplikasi yang terdapat di laptop mauapun Hp), maupun secara online (melalui website – website yang tersedia). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing dalam merubah ukuran foto.

Jika ingin cepat dan simple, Anda bisa menggunakan fitur online melalui website, karena hanya hitungan detik saja ukuran foto bisa langsung berubah.

Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa merubah foto secara manual melalui aplikasi – aplikasi yang tersedia, seperti photoshop, paint dan yang lainnya.

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk merubah ukuran foto.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 1 Mb di Hp Secara Offline

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengubah ukuran foto. Jika Anda memiliki laptop, Anda bisa mengubah ukuran foto menggunakan aplikasi Photoshop.

Jika ingin menggunakan cara yang satu ini, harus dipastikan terlebih dahulu Anda memiliki aplikasi photoshop, jika belum ada, Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu.

  • Langkah pertama untuk merubah ukuran foto melalui aplikasi photoshop, yakni membuka aplikasinya terlebih dahulu.
  • Kemudian pilih menu
  • Setelah itu cari fitur image size
  • Kemudian pilih foto yang akan diubah ukurannya
  • Lalu pilih opsi “image”, kemudian “image size”.
  • Kemudian pilih ukuran gambar “fit to”, dan klik Ok
  • Isi kolo weight dan height sesuai dengan ukuran foto yang Anda inginkan
  • Kemudian klik Ok lalu save
  • Dan selesai

Bagaimana, mudah bukan ? walaupun cara yang satu ini terbilang cukup lama dan membutuhkan laptop.

Namun jika Anda tidak memiliki laptop, Anda masih bisa merubah ukuran foto melalui website yang sudah tersedia.

Caranya terbilang sangat mudah, Anda tinggal memasukan foto ke dalam website, kemudian tinggal pilih kompres….. Dan foto yang ingin anda rubahpun sudah selesai.

Untuk info lebih lengkapnya, berikut ini akan Admin share beberapa situs yang bisa digunakan untuk merubah ukuran foto :

Cara Mengubah Ukuran Foto Secara Online Melalui HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Tinypng merupakan website yang bisa Anda gunakan untuk mengkompres ukuran foto. Website yang satu ini sangat popular di kalangan para editor, karena penggunaannya yang cukup mudah dan gratis.

Anda hanya tinggal memilih foto yang ingin di rubah ukurannya, kemudian klik kompres. Maksimal gambar yang bisa di rubah perharinya adalah 20 gambar, dengan maksimal ukuran di 5 mb.

Jika melebihi itu, Anda harus berlangganan secara pro agar bisa mengkompres melebihi 20 gambar. Selain itu, kelebihan fitur pro yakni ukuran maksimal foto yang bisa dikompress adalah 75 mb.

Anda bisa memilih fitur sesuai dengan kebutuhan masing – masing, untuk fitur yang free saja sudah terbilang cukup bagus.

Selain tinypng, website lain yang bisa Anda gunakan untuk merubah ukuran foto adalah Compress JPEG.

Cara mengkompresnya pun tidak jauh berbeda dengan Tinypng. Maksimal foto yang dapat diubah secara langsung adalah 20 gamabr, jika melebihi itu harus dilakukan beberapa kali kompres.

Kelebihan dari website ini, bukan hanya bisa mengubah file berjenis foto, akan tetapi file berformat .png juga bisa dirubah ukurannya melalui aplikasi yang satu ini.

I Love IMG merupakan website sederhana yang bisa digunakan untuk merubah ukuran foto menjadi kecil.

Anda bisa memasukkan beberapa file secara langsung untuk merubahan ukuran foto, setelah itu Anda tinggal klik kompres, jika sudah file akan terdownload secara otomatis oleh handphone.

Website selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk merubah ukuran foto adalah Pic Resize.

Untuk merubah ukuran foto, langkah pertama Anda harus membuka websitenya melalui link yang telah Admin sediakan diatas.

Setelah muncul dihalaman homepage, akan ada perintah “Drag and drop file”, Anda bisa mengklik kolom tersebut, kemudian pilih foto yang akan diubah.

Jika sudah, maka akan muncul beberapa kolom yang dapat Anda isi sesuai dengan kualitas foto yang diinginkan. Pada kolom width maupun height dapat Anda isi sesuai dengan ukuran foto yang diingikan, namun jika tidak ada perubahan, Anda bisa membiarkan default saja.

Pada kolom bagian bawah, akan terdapat pilihan jenis file yang akan dirubah. Anda bisa memilih Jpg atau Png (bisa disesuaikan dengan kebutuhan), setelah proses selesai, Anda bisa mengklik tombol “Ii’m Dones, Resize My Picture” untuk melakukan compress foto.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk merubah ukuran foto menjadi 1 Mb tanpa mengurangi kualitas.

Check Also

Cara Cek Tipe Hp Vivo dengan Kode

Cara Cek Tipe Hp Vivo dengan Kode yang Mudah Dilakukan

Suarasolo.com – Vivo merupakan salah satu smartphone pintar yang kian diminati oleh masyarakat sekarang ini. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close