Cara Menambah RAM 1 GB Menjadi 4 GB

Cara Menambah RAM 1 GB Menjadi 4 GB / 6 GB Tanpa Root

Cara Menambah RAM 1 GB Menjadi 4 GB – Apakah Hp Android kamu terasa lambat digunakan untuk beraktivitas seperti bermain game dan membuka aplikasi?

Ya, hal ini umum terjadi terutama setelah sekian lama penggunaan Hp. Penggunaan Hp dalam jangka waktu lama akan membuat banyak cache aplikasi menumpuk dan bloatware.

Meskipun kamu tidak membuka aplikasi tersebut, secara tidak disadari aplikasi tersebut dapat berjalan di belakang layar.

Semakin banyak aplikasi yang terinstal pada Hp android maka semakin banyak aplikasi dan bloatware yang bekerja di belakangnya. Hal inilah yang akan membuat kinerja RAM Hp semakin berat.

Baca Juga : Cara Mengganti Nomor IMEI Hp Android

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan informasi sementara yang dibutuhkan device.

Sederhananya, RAM merupakan perangkat untuk menjalankan aplikasi dan program di suatu perangkat.

Semakin besar RAM maka semakin cepat perangkat HP melakukan proses dan menjalankan aplikasi.

Salah satu ciri dari RAM Hp yang penuh adalah seringnya terjadi lag, crash hingga aplikasi keluar sendiri saat dijalankan.

Salah satu metode mengatasinya adalah dengan menambah RAM pada perangkat Hp. RAM pada Hp bermacam – macam seperti 1 GB, 2 GB bahkan untuk perangkat lama terdapat Hp dengan RAM 512 MB saja.

Terus bagaimana cara menambah RAM Hp ?

Cara menambah RAM hp android yaitu dengan melakukan metode root pada hp dan bisa menggunakan cara tanpa root hp. Metode tanpa root terasa lebih aman serta tidak membahayakan perangkat Hp.

Nah dalam artikel ini akan dibahas cara menambah RAM 1 GB menjadi 4 GB / 6 GB dengan dan tanpa root.

Cara Menambah RAM 1 GB Menjadi 4 GB / 6 GB Tanpa Root

Sebenarnya metode ini secara real tidak menambah RAM pada smartphone. Hanya akan melonggarkan ruang sehingga kapasitas RAM yang dapat digunakan akan lebih besar.

Baca Juga : Cara Melihat Versi Hp Android

Metode ini ampuh dan aman karena tanpa melakukan proses root Hp yang bisa memiliki resiko kerusakan sistem hingga matot (mati total).

Berikut cara menambah RAM Hp tanpa root :

  1. Hapus aplikasi yang tidak terpakai.
    Jika smartphone terdapat banyak aplikasi akan membuat kinerja RAM lebih berat. Hapus beberapa aplikasi yang tidak lagi digunakan atau jarang sekali dipakai.
  2. Download Aplikasi RAM Booster
    Aplikasi RAM Booster dapat membersihkan memori dan RAM secara cepat. Aplikasi ini juga mendapat review dan rating bagus di Google Play Store.
  3. Download Aplikasi Smart Booster
    Sama halnya dengan aplikasi RAM Booster, aplikasi ini bekerja dengan mematikan beberapa aplikasi yang tersembunyi di background sehingga performa Hp menjadi lebih baik.

Kamu bisa memilih salah satu antara aplikasi Smart Booster atau RAM Booster untuk di instal di perangkat smartphone mu.

Cara Menambah RAM Hp Dengan Root

Cara ini sangatlah berisiko dan tidak dianjurkan bagi Hp baru. Hal ini dikarenakan Hp yang sudah melalui proses root tidak diterima oleh tempat service resmi jika terjadi kerusakan.

Beberapa hal perangkat tambahan yang diperlukan untuk melakukan metode ini adalah Memory Card (Micro SD / SD Card) Class 4. Kamu bisa mengetahui kelas Memory Card / SD Card dari tulisan bagian depan.

Selain itu diperlukan laptop / komputer yang bisa dihubungkan dengan Hp android.

Setelah itu install aplikasi Roehsoft RAM Expander (SWAP) dari Google Play Store. Buka aplikasi dan pilih Swap Active lalu akan otomatis membuat file Swap dan klik Enable. Setelah itu pilih Active Swap.

Download dan jalankan aplikasi Mini Tool Partition Wizard di komputer / laptop. Masukkan Memory Card ke laptop / komputer. Buat partisi di Memory Card menggunakan aplikasi Mini Tool Application Wizard dan buat FAT32 seperti halnya cara di komputer.

Kemudian tetapkan memory sebesar 1 GB untuk partisi selanjutnya. Pilih Done. Klik Make partition dan pilih partisi utama. Lalu akan berubah EXT 1, EXT 2, EXT 3 atau EXT 4. Pilih Apply untuk menyelesaikan partisi.

Masukkan Memory Card ke Hp lalu download aplikasi Link2SD di Google Play Store. Buka aplikasi dan ijinkan root dengan memilih partisi .ext.

Download lagi aplikasi Swapper for Root Application di Google Play Store dan jalankan aplikasi. SELESAI.

Simpulan

Selamat hp kamu sudah bertambah dari RAM 1 GB / 2 GB menjadi 4 GB / 6 GB. Bagikan artikel Cara Menambah RAM 1 GB Menjadi 4 GB / 6 GB agar lebih bermanfaat. Selamat mencoba.

Check Also

Cara Membuat Efek SlowMo Video

Cara Membuat Efek SlowMo Video di Capcut Secara Cepat

Cara Membuat Video SlowMo di Capcut – Slow Motion atau lebih sering disebut SlowMo adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *