Cara Membuat Link di Google Meet

Cara Membuat Link di Google Meet Secara Mudah

Cara Membuat Link di Google Meet Secara Mudah Google Meet merupakan layanan baru yang diperkenalkan oleh Google untuk melakukan rapat / percakapan secara virtual. Google Meet ini merupakan versi terbaru dari pendahulunya yaitu Google Hangouts.

Sampai saat ini Google Meet masih menjadi platform terbaik disamping Zoom. Selain digunakan untuk rapat, Google Meet juga dapat digunakan untuk konferensi hingga kelas belajar online.

Cara pengoperasian yang mudah serta ditunjang fitur unggulan, tak heran banyak orang yang mempercayakan aplikasi Google Meet untuk keperluan meeting online.

Saat menggunakan platform ini tentu tidak asing dengan istilah link Google Meet. Ya, link Google Meet adalah URL yang didapat saat seseorang membuat room / ruangan obrolan (meeting).

Link ini memiliki fungsi untuk mengundang anggota ke dalam obrolan meeting di Google Meet. Lantas bagaimana sih cara membuat link ini ?

Cara Membuat Link di Google Meet

Sebenarnya untuk membuat link pada Google Meet sangatlah mudah. Tetapi masih banyak orang yang belum tahu cara membuat link tersebut. Berikut langkahnya :

  1. Buka Google Meet di Hp atau Laptop
  2. Tekan tombol Mulai Rapat
  3. Kemudian ketuk tombol Gabung Sekarang
  4. Lalu link Google Meet sudah muncul, copy link tersebut dengan ketuk tulisan Salin Info Akses (icon copy)
  5. Selesai

Untuk mengakses Google Meet melalui laptop, bisa melalui browser seperti Google Chrome kemudian ketikkan Google Meet dan klik link teratas.

Link rapat Google Meet tersebut sudah tersalin dan dapat dibagikan kepada teman melalui Whatsapp, Telegram, Facebook dll. Peserta bisa bergabung melalui link lalu klik tombol Join / Gabung.

Jika masih belum jelas dengan penjelasan di atas, bisa melihat video tutorial berikut ini.

Link pada Google Meet ini juga bisa dipendekkan agar terlihat lebih bagus seperti menggunakan bitly, s.id, atau cuttly

Cara Membuat Link Google Meet Terjadwal Besok Dan Nanti

Rapat / percakapan pada Google Meet juga dapat dijadwalkan. Pengguna sebagai host rapat / percakapan dapat menjadwalkan untuk nanti, besok atau minggu depan sesuai waktu yang diinginkan.

Dengan begitu penyelenggara rapat tidak perlu membagikan link saat rapat sudah berlangsung. Penjadwalan Google Meet ini juga memungkinkan peserta tidak melewatkan rapat yang telah direncanakan.

Untuk melakukan penjadwalan rapat di Google Meet, dibutuhkan aplikasi pendukung yaitu Google Calendar yang bisa didapat di Google Play Store.
Jika sudah terinstal ikuti langkah berikut :

  1. Buka Google Meet di Hp atau Laptop
  2. Tekan tombol Rapat Baru
  3. Pilih opsi Jadwalkan di Google Kalender
  4. Lalu atur tanggal dimulainya rapat beserta waktu rapat
  5. Setelah itu atur waktu berakhir rapat yang dijadwalkan
  6. Tambahkan anggota dengan menulis alamat email dan aktifkan fitur Tamu dapat menambahkan orang lain
  7. Simpan dan selesai

Pada update tebaru fitur waktu berakhir untuk melakukan jadwal rapat dengan Google Meet dibatasi hingga tidak lebih dari 60 menit.

Begitu Google Meet sudah dijadwalkan, perangkat anggota yang diundang akan terdapat reminder (pengingat) sebelum Meeting / rapat berlangsung.

Penting

Link Google Meet memiliki masa kadaluarsa (expired time) sehingga link yang sudah dibagikan memiliki masa tertentu kecuali untuk Meet yang dijadwalkan.

Saat ini Google Meet membatasi rapat virtual hingga 60 menit saja. Setelah 60 menit, room percakapan akan berakhir secara otomatis. Kapasitas peserta yang dapat ditampung Google Meet maksimal 100 orang.

Namun tak perlu khawatir, karena begitu rapat berakhir, kamu bisa membuat room baru lagi di Google Meet dan mengundang teman melalui link.

Selain menggunakan link, host Google Meet juga bisa mengundang peserta menggunakan kode unik khusus yang tersedia.

Google Meet dapat dioperasionalkan pada perangkat smartphone (android & iOS), tablet, dan laptop.

Demikian artikel tentang Cara Membuat Link di Google Meet Secara Mudah. Semoga dapat membantu.

Check Also

Cara Menggunakan Aplikasi Whatsremoved

Cara Menggunakan Aplikasi Whatsremoved + Baca Pesan Dihapus

Cara Menggunakan Aplikasi Whatsremoved – Whatsapp merupakan aplikasi pesan yang memiliki pengguna aktif terbesar di …

Leave a Reply

Your email address will not be published.