Pengertian PPPK (P3K) dan Syarat Pendaftaran PPPK 2019

Pengertian PPPK (P3K) dan Syarat Pendaftaran PPPK 2019
source : republika

Pengertian PPPK (P3K) dan Syarat Pendaftaran PPPK 2019

v

SUARASOLO.COM – Pengertian PPPK (P3K) dan Syarat Pendaftaran PPPK 2019. Seperti yang telah kita ketahui pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018.

Peraturan terbaru tersebut menyangkut manajemen PPPK.
PPPK atau sering disebut P3K merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Untuk pengertian PPPK sendiri adalah pegawai yang diangkat oleh pemerintah dengan perjanjian kerja dengan jangka waktu tertentu pada suatu instansi pemerintah.

Dalam pasal 7 ayat 2 PP no 49 tahun 2018 PPPK menyatakan PPPK juga merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diangkat dengan perjanjian kerja tertentu sesuai dengan kebutuhan dan kompetensi nya serta diatur dalam ketentuan Undang-Undang.

Peraturan ini merupakan solusi yang ditawarkan pemerintah kepada pelamar yang tidak lulus dalam tes CPNS sebelumnya. Peraturan inipun juga mendapat sambutan baik dari sejumlah honorer yang masih bekerja di lingkungan instansi.

Pengertian PPPK (P3K) dan Syarat Pendaftaran PPPK 2019
source : sulselekspres

Pada pasal 98 Undang Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 menyatakan :

  1. Pengangkatan PPPK ditetapakn oleh Pejabat Pembina Kepegawaian.
  2. Masa perjanjian kerja minimal untuk PPPK adalah 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan serta kompetensinya.

Pada pasal 99 Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 juga menyatakan :

  1. PPPK tidak dapat diangkat langsung menjadi Pegawai negeri Sipil (PNS)
  2. Untuk pengangkatan menjadi PNS maka PPPK harus melalui serangkaian seleksi CPNS.
  3. Hal ini sesuai dengan peraturan Undang-Undang yang berlaku.

Hal yang menjadi perbedaan PPPK dan PNS adalah tunjangan masa pensiun serta fasilitas. Hal ini tertuang dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang PPPK dan PNS

Kabar baiknya dalam peraturan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK ini tidak ada batasan usia yang seketat pada pendaftaran calon PNS.

Seperti yang telah diketahui untuk dapat mendaftar CPNS usia maksimal adalah 35 tahun. Sedangkan pelamar PPPK usia maksimal adalah 1 tahun sebeleum masa pensiun pada jabatan tertentu dan usia minimal adalah 20 tahun.

Dengan kelonggaran dalam batas usia tersebut diharapkan tenaga honorer yang selama ini masih mengabdi bertahun-tahun dapat mendaftar untuk seleksi PPPK.

Serta yang sudah usia di atas 35 tahun, PPPK inilah jalan satu-satunya untuk menjadi ASN.

Untuk syarat menjadi pegawai PPPK 2019 sesuai dengan Peraturan Pemerintah – PP Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja pasal 16.

Setiap Warga Negara Indonesia berhak mengikuti seleksi PPPK untuk mengisi Jabatan Fungsional (JF) dengan syarat :

Usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

Berikut persyaratn lain untuk mengikuti PPPK (P3K)

  1. Tidak pernah tersangkut masalah pidana dengan penjara sesuai putusan pengadilan dikarenakan melakukan tindak pidana dengan penjara 2 (dua) tahun atau lebih;
  2. Belum pernah diberhentikan dengan hormat bukan atas permintaan sendiri maupun tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, Prajurit Tentara, Anggota Kepolisian, serta diberhentikan sebagai pegawai swasta;
  3. Bukan merupakan anggota maupun pengurus (parpol) partai politik serta terlibat politik praktis;
  4. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatn yang dilamar
  5. Mempunyai kompetensi dengan dibuktikan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan
  6. Sehat jasmani dan sehat rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar
  7. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

Demikian informasi tentang Pengertian PPPK (P3K) dan Syarat Pendaftaran PPPK 2019 yang terbaru. Semoga bermanfaat dan jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada keluarga dan kerabat anda.