Sistem Kelulusan SKD Berubah, BKD Wonogiri Umumkan Hasil SKD CPNS Wonogiri 2018, Cek Nilai SKD Anda dan Pesaing

Suarasolo.com – BKD Wonogiri. Pelaksanaan seleksi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 di Indonesia telah selesai pada 17 November 2018. Untuk pemerintah kabupaten Wonogiri sendiri seleksi SKD dilaksanakan pada 6-9 November 2018 di GOR Diponegoro, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Menurut BKD Wonogiri, tahun ini seleksi SKD CPNS untuk formasi di pemkab Wonogiri diikuti sebanyak 5.533 peserta dari 5700 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Seperti yang telah diketahui, pada CPNS tahun ini pemerintah membuka sebanyak 238.015 formasi yang terbagi dari instansi pusat dan daerah.  Formasi yang dibuka ini lebih diprioritaskan untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.

BKD Wonogiri sendiri membuka 430 formasi pada rekrutmen CPNS tahun ini. Formasi yang dibuka oleh BKD Wonogiri itu terdiri dari 251 formasi tenaga guru, 20 formasi eks tenaga honorer, 147 formasi tenaga kesehatan, dan 12 formasi tenaga teknis.

Hasil dari seleksi SKD CPNS di pemkab wonogiri tahun ini, sebanyak 175 peserta dinyatakan lolos passing grade. Kebanyakan peserta tidak mencapai passing grade untuk Tes Kemampuan Pribadi (TKP). Memang untuk tahun ini TKP lah yang menjadi penyebab gugur massal peserta tes CPNS 2018. Untuk melewati passing grade pada TKP peserta diharuskan mencapai nilai minimal 143.

Terkait dengan banyaknya jumlah peserta yang tidak lolos passing grade SKD di beberapa instansi dan juga pemkab. Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN) memutuskan akan menerapkan sistem ranking sebagai alternatif kriteria kelulusan SKD dan bukan menurunkan batas passing grade. Kebijakan ini diambil setelah Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bimo Haria Wibisana untuk menerapkan sistem ranking agar mengisi banyaknya kekosongan formasi di instansi dan daerah.

BACA JUGA :

Penentuan kelulusan melalui sistem ranking akan dipilih peserta yang mendapat nilai tertinggi pada SKD, dan disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan untuk seleksi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Untuk seleksi SKB sendiri yaitu 3 kali dari jumlah formasi yang dibutuhkan.

Karena sistem kriteria lolos SKD bukan lagi ditentukan dari passing grade SKD melainkan diubah menjadi sistem ranking pesert dapat mengecek niai SKD nya dan nilai SKD pesaing di laman BKD Wonogiri. Hal ini untuk membandingkan nilai pesaing di tes CPNS 2018. Sistem ranking direncanakan untuk formasi tenaga guru dan tenaga kesehatan, mengingat banyaknya formasi yang dibutuhkan untuk mengisi formasi itu.

Pengumuman hasil dari tes SKD CPNS pemerintah Kabupaten Wonogiri dapat diunduh di laman resmi ini (PENGUMUMAN TES SKD CPNS 2018 – BKD WONOGIRI )

Para peserta CPNS yang dinyatakan lolos SKD dengan sistem ranking kemudian berhak mengikuti tahap berikutnya yakni tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Selanjutnya jika peserta tes CPNS pemerintah kabupaten Wonogiri dinyatakan lolos tes seleksi SKB maka akan memasuki tahap akhir yaitu pemberkasan CPNS 2018. Pemberkasan dilakukan pada minggu ke 4 di bulan November ini, hal itu jika tidak ada perubahan.